Unggul 4-0 Atas Laos, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games 2019

Timnas U23 SEA Games 2019

Berikut hasil akhir Timnas Indonesia U23 vs Laos di ajang SEA Games 2019.  Timnas Indonesia U23 melawan Laos di laga terakhir fase grup B SEA Games 2019 pada Kamis (5/12/2019).

Garuda Muda unggul 1-0 melalui Saddil Ramadani di menit ke-4. Indonesia menggandakan keunggulan melalui sepakan Osvaldo Haay di menit 47, sebelum Bagas Adi menutup kemenangan Garuda Muda dengan skor 4-0

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-23 melaju ke babak Semifinal sebagai runner-up. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Imus, Filipina.

Timnas Indonesia U23 berpeluang lolos ke babak semi final SEA Games 2019 setelah meraih kemenangan meyakinkan kala menggulung Brunei Darussalam dengan skor 8-0, Selasa (3/12/2019) malam.

Egy Maulana Vikri dan kolega menang delapan gol tanpa balas sehingga menjadikan Timnas Indonesia U23 duduk di posisi dua grup B SEA Games 2019. Tim asuhan Indra Sjafri berhasil menggeser tempat yang sebelumnya dihuni Thailand.

Sementara ini, puncak klasemen grup B masih ditempati Vietnam dengan koleksi 12 poin, selisih tiga angka dengan skuat Garuda Muda. Disusul Thailand yang mengoleksi poin sama 9 dengan Indonesia namun beda selisih gol.

Melihat hasil ini, Timnas Indonesia U23 berpeluang besar untuk lolos ke babak semifinal SEA Games 2019 baik sebagai runner-up ataupun juara grup, namun dengan catatan.

Timnas Indonesia dipastikan lolos jika menang dengan skor berapa pun atas Laos. Namun jika Timnas Indonesia hanya bermain seri atau kalah dari Laos, tiket lolos semifinal akan tunggu hasil dari pertandingan lain, Vietnam vs Thailand.

Satu kursi lain memang akan diperebutkan oleh Vietnam dan Thailand tersebut. Thailand dapat geser Vietnam jika menang lebih dari dua gol. Sedangkan Vietnam akan otomatis lolos jika berhasil tahan imbang atau menang atas Thailand.

Dikutip dari laman PSSI, coach Indra Sjafrie mengatakan tidak ada pemain yang cedera dalam laga pamungkas grup B menjamu Laos serta mengingatkan kepada para pemainnya untuk tidak meremehkan pemain lawan.

“Pemain sudah recovery, tidak ada yang cedera dan siap tampil. Kita akan menentukan sendiri nasib kita untuk melangkah ke semifinal,” kata Indra Sjafri.

Ditambahkan, para pemain Garuda Muda diminta tetap respek kepada Laos dengan tidak memandang remeh kekuatan mereka.

Menurut coach Indra Sjafri, persaingan di grup B memang sangat ketat, selain Indonesia, Vietnam dan Thailand masih berpeluang lolos ke semifinal,

Karena itu dia meminta kepada pemain untuk tidak banyak membuat kesalahan dan fokus pada permainan taktik dan strategi yang sudah dia siapkan.

Striker Indonesia, Osvaldo Haay juga mengaku sangat siap untuk melawan Laos.

“Kemenangan atas Brunei seperti memberi kita energi baru. Mudah-mudahan kami juga bisa tampil lebih bagus dan memenangkan pertandingan lawan Laos,” kata Osvaldo.

Winger lincah milik Persebaya Surabaya ini menjadi pemain paling disorot pada laga melawan Brunei karena sukses mencetak tiga gol dan membawa Garuda Muda menang 8-0.

Hal senada juga diungkapkan Evan Dimas, bahwa semua pemain harus bermain tenang dan fokus pada taktik dan strategi tim. “Laos mungkin akan bermain bertahan,” ujarnya.

Kemenangan atas Laos menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia U-23, jika tidak ingin tergantung pada hasil laga Vietnam vs Thailand. Jika Evan Dimas dkk gagal memetik kemenangan, maka garus menunggu hasil laga Vietnam vs Thailand.

Skenario Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games 2019:

Skenario 1: Vietnam Menang atas Thailand –

  • Indonesia cukup meraih hasil seri melawan Laos untuk lolos
  • Indonesia tidak boleh kalah dengan selisih gol yang lebih besar dari kekalahan Thailand dari Vietnam

Skenario 2: Vietnam Vs Thailand Imbang 

  • Indonesia cukup meraih hasil imbang melawan Laos untuk lolos

Skenario 3: Thailand Menang atas Vietnam 

  • Indonesia minimal harus menang dengan selisih satu gol agar skor kemenangan Thailand atas Vietnam tidak berpengaruh {tribun}