Hiburan

Idap Kanker Ginjal, Vidi Aldiano Jalani Operasi di Singapura

0
Vidi Aldiano

Kabar mengejutkan datang dari pelantun lagu Nuansa Bening, Vidi Aldiano. Vidi Aldiano mengabarkan bahwa dirinya kini mengidap penyakit kanker ginjal. Ia mengungkap, padahal awalnya penyakitnya terdiagnosa kista.

Sebelum menjalani operasi, Vidi Aldiano mengunggah video berdurasi 2 menit 14 detik di akun Instagram pribadinya, Jumat (13/12/2019). Tegar ia menyampaikan penyakit yang diidapnya tersebut.

“So, beberapa bulan lalu gua ada sedikit anomali dalam diri gua. Dari Oktober (2019) kemarin sudah didiagnosa. Tadinya awalnya cuma kista, tapi menjadi sesuatu yang lain dan baru minggu lalu, gue dikabarkan bahwa gua punya cancer (kanker) di ginjal gue, tepatnya di ginjal kiri gue,” ungkap Vidi.

Ia mengatakan beberapa hari lalu, berada di Singapura dan sudah bertemu dokter setiap hari. Tindakan pet scan pun sudah dilakukan.

Kini setelah menjalani segala pemeriksaan, mantan Sherina Munaf itu telah mengambil keputusan terbaik. Hari ini, Vidi diketahui akan melakukan operasi pengangkatan kanker ginjal yang dideritanya.

“Insya Allah hari ini gue akan melaksanakan operasi. Ini kebetulan lagi di rumah sakit juga, so kayaknya by the time video ini sudah rilis, Insya Allah gue sudah ada di ruangan operasi,” kata Vidi dalam videonya.

Terlihat ia juga memohon doa kepada para followersnya dan juga teman-temannya agar operasi yang dilakukannya berjalan lancar.

Ia berharap semoga penyakit yang ada di ginjalnya itu dapat diangkat dengan aman. Selain itu, Vidi juga meminta maaf kepada pihak salah satu acara yang melibatkan dirinya untuk mengisi.

“Dan gue mau minta maaf untuk semua pihak yang harusnya bulan ini gue manggung, ada acara, tapi dengan sangat menyesal harus menjalankan operasi ini, dan ada proses recovery juga Insya Allah nantinya,” kata Vidi.

Vidi berharap setelah operasi pengangkatan kanker ginjal ini ia dapat segera sembuh dan beraktivitas seperti sedia kala.

I know it’s a bit sudden, tapi gue mohon sekali lagi doanya dari teman-teman semuanya, semoga lancar, aman, dan cancer yang ada di ginjal gue bisa diangkat dengan bersih dan bisa sembuh dengan total,” pungkas Vidi.

Dilansir Kompas.com, adapun gejala kanker ginjal seperti yang dialami Vidi Aldiano dipicu adanya pertumbuhan tumor ganas di ginjal yang akhirnya berakibat fatal.

Ciri-ciri gejala yang muncul ketika ginjal mengalami masalah seperti kanker ginjal yakni sebagai berikut:

1. Urine Berdarah

Gelaja umum yang timbul dari kanker ginjal adanya munculnya darah pada urine dengan warna segar dan cerah. Tetapi, kanker ginjal stadium awal terkadang malah tidak menampakkan gejala apapun.

2. Sakit Punggung

Adanya tekanan di punggung bisa menjadi tandanya kanker ginjal. Tetapi, sakit punggung ini terjadi apabila tumor sudah makin membesar. Adanya tumor akan diketahui melalui CT-Scan atau MPRI saat mengeluh sakit punggung atau nyeri perut.

3. Letih dan Lesu

Rasa lelah berlebihan termasuk salah satu gejala kanker ginjal. Bila punggung disertai nyeri hingga kencing berdarah maka saran pertama adalah segera konsultasi dan periksa ke dokter.

4. Penurunan Berat badan

Ginjal berperan penting dalam proses pencernaan makanan dan metabolisme tubuh.

Ketika ginjal bermasalah maka penyerapan nutrisi juga terganggu. Hal ini memicu orang kehilangan nafsu makan dan akhirnya menyebabkan penurunan berat badan.

5. Darah bermasalah

Seringnya anemia, ketidakseimbangan kalsium dan masalah lainnya pada darah bisa jadi gejala kanker ginjal. Namun sayang, ternyata tidak ada gejala khas untuk kanker ginjal, sehingga sering dikira penyakit lain. {tribunnews}

Blockchain, Masa Depan Transformasi Sektor Industri dan Keuangan

Previous article

3 Gol Pinalti Simic Amankan Persija Dari Jurang Degradasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *