News  

Petugas Damkar Tangkap 18 Ekor Ular Kobra di Kembangan, Jakbar

Dokumentasi Sudin Damkar Jakarta Barat

Petugas Pemadam Kebakaran menangkap belasan ular kobra berukuran 20 centimeter dari sebuah lapak di Jalan Langgar, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Ular berbisa tersebut diketahui bersembunyi di sebuah bekas kolam yang ada di dekat lapak tersebut.

Kasie Ops Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Barat, Eko Sumarno mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari warga tentang adanya ular kobra di sekitar tempat tinggalnya.

Menggunakan peralatan rescue, petugas pun akhirnya berhasil menangkap satu per satu ular tersebut. Eko mengatakan, total ada 18 ekor ular kobra yang ditangkap petugas. Ular tersebut kemudian dimasukan ke dalam stoples plastik.

“Proses evakuasi sekitar 30 menit. Total ada 18 ekor kobra dengan ukuran kira-kira 20 cm,” kata Eko saat dikonfirmasi TribunJakarta.com, Minggu (15/12/2019).

Eko mengatakan, untuk sementara ular tersebut telah diamankan di Kantor Pemadam Kebakaran sektor Kembangan. “Untuk sementara ular masih di Sektor kembangan. Untuk lebih lanjutnya akan kami serahkan ke Yayasan Sioux Ular Indonesia,” kata Eko.

Kemunculan ular kobra di wilayah Kembangan dalam sepekan terakhir bukan kali pertama. Sebelumnya, pada pekan lalu, dua ekor ular kobra juga ditemukan di area Puskesmas Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan.

Bahkan, tak hanya di halaman, ular kobra juga ditemukan di dalam ruang poli Puskemas Meruya Selatan. Beruntung, ular tersebut sudah diamankan petugas keamanan Puskesmas sebelum adanya korban. {tribun}