Tekno  

Mengenal Marshall McLuhan, Pada Google Doodle Hari Ini, Jumat 21/7/2017

Google Doodle Marshall McLuhan

RadarAktual.com – Doodle Marshal McLuhan tampil pada halaman utama Google yang merupakan apresiasi raksasa mesin pencari ini kepada salah satu ilmuwan komunikasi. Lantas siapakah Marshal McLuhan tersebut ? Mari kita simak profilnya.

Profil Marshal McLuhan

Marshal McLuhan merupakan salah satu ilmuwan komunikasi yang dilahirkan di Edmonton, Alberta, Kanada pada 21 Juli 1911. McLuhan sangat terkenal berkat teorinya tentang global village (desa global) dan World Wide Web, 30 tahun sebelum ditemukan. Teori ini tak lepas dari teori yang diungkapkan sebelumnya dimana perkembangan peradaban manusia ke dalam empat era.

Pertama era suku (a tribal age) atau era indera, era literal (literate age) atau tulisan, era cetak (a print age), dan terakhir era elektronik (electronic age). Pada saat ini, kita sudah memasuki era elektronik yang membuat komunikasi lebih cepat dengan adanya internet. Dengan kemudahan tersebut, kita merasa dunia ini hanya kecil karena bisa terhubung dengan siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Hal inilah yang disebut dengan teori global village.

Selain itu, ilmuwan dengan nama lengkap Herbert Marshall McLuhan ini juga melahirkan teori medium adalah sebuah pesan (medium is a message). Ia menyatakan bahwa media tidak hanya mempengaruhi masyarakat dari konten yang disampaikan melalui media, tetapi juga oleh karakteristik media itu sendiri.

Herbert Marshall McLuhan akhirnya meninggal dunia pada 31 Desember 1980 di usianya ke-69 di Toronto, Ontario, Kanada.