Hasil Semifinal AJC 2017 : Bekuk Malaysia 3-1, Indonesia Tembus Final

Hasil semifinal AJC 2017 Indonesia kalahkan Malaysia

RadarAktual.com – Hasil semifinal AJC 2017. Indonesia akhirnya berhasil menembus babak final Asia Junior Championship  (AJC) 2017 setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1. Pencapaian ini melebihi target Indonesia yang hanya mematok babak semifinal pada kompetisi bulutangkis beregu ini.

Hasil semifinal AJC 2017. Poin pertama Indonesia dipersembahkan di nomor tunggal putri. Gregoria Mariska Tunjung yang diturunkan pada partai pertama berhasil menyumbang poin pertama untuk Indonesia setelah lawannya, Goh Jin Wei mengundurkan diri pada game kedua.

Namun sayangnya di nomor tunggal putra, Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu gagal meraih poin. Gatjra harus mengakui keunggulan tunggal putra Malaysia setelah bertanding selama 2 game dengan skor 17-21 12-21.

Pada partai ketiga, Indonesia kembali diuntungkan setelah Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti di nomor ganda putri tidak harus keluar keringat untuk menambah poin bagi Indonesia. Pasalnya, calon lawan mereka yakni  Goh Jin Wei/Pearly Koong Le Tan mengundurkan diri.

Kemenangan Indonesia atas Malaysia ini ditentukan pada partai ke empat di nomor ganda putra. Adnan Maulana/Muhammad Shohibul Fikri akhirnya mengunci tiket ke babak final setelah mengalahkan Yee Jun Chang/Wei Chong Man dengan skor 21-17, 21-15.

Dengan keunggulan 3-1 tersebut, maka partai kelima di nomor ganda campuran antara Rinov Rivaldy/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Eng Cheong Ng/Ee Wei Toh tidak dimainkan.

Sekedar informasi, Sejak tahun 2006 format pertandingan beregu Asia Junior Championships menggunakan format Piala Sudirman. Indonesia tercatat belum pernah menembus babak final di pertandingan beregu campuran ini.

Namun, pada pertandingan beregu Asia Junior Championships yang berlangsung sejak tahun 1997 hingga 2005, dengan format Piala Thomas dan Uber, tim putra Indonesia pernah menjadi juara pada tahun 1999 dan 2002.

Babak final AJC 2017, akan digelar pada hari Selasa (25/7) dimana Indonesia akan bertemu dengan Korea.

Berikut hasil lengkap pertandingan babak semifinal Indonesia melawan Malaysia (3-1):

  • Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung vs Goh Jin Wei, 21-11, 17-16 retired
  • Tunggal Putra: Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu vs Jun Hao Leong, 17-21, 12-21
  • Ganda Putri: Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Goh Jin Wei/Pearly Koong Le Tan, (walkover)
  • Ganda Putra: Adnan Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs Yee Jun Chang/Wei Chong Man, 21-17, 21-15
  • Ganda Campuran: Rinov Rivaldy/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Eng Cheong Ng/Ee Wei Toh, (tidak dimainkan)