Kader PAN Ingin Pemimpin Yang Tidak Rakus Kekuasaan

Mulfachri Harahap, Ketua Fraksi PAN DPR RI

Jelang kongres yang kelima, kandidat calon Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional, Mulfachri Harahap-Hanafi Rais, terus melanjutkan safari politiknya.

Kali ini, mereka ke Mataram, Nusa Tenggara Barat, untuk bertemu dengan DPD PAN se-NTB, sekretaris DPW NTB, juga DPW dan DPD PAN se-Bali, Ketua dan Sekretaris DPW PAN DIY dan seluruh DPD PAN se-DIY, serta kader PAN NTB.

Dalam pertemuan itu, DPW dan DPD PAN menyampaikan dukungan dan siap memenangkan Mulfachri-Hanafi dalam kongres Maret mendatang.

Forum dialog yang dibuka langsung oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais itu mengungkapkan bahwa DPW dan DPD menginginkan pemimpin yang memiliki kapasitas, integritas dan intelektual yang layak, bahkan kemampuan teknis dalam mengurus partai.

Sebagai partai reformis, mereka menilai PAN juga memerlukan kehadiran suasana dialektika cerdas, demokratis dan menolak sikap otoritarianisme.

Figur pemimpin partai yang diharapkan DPW dan DPD adalah pemimpin yang paham platform partai, mampu menjaga marwah partai dan tidak kemaruk kekuasaan.

“Kita harus mampu mengembalikan partai ini pada cita-cita awal berdirinya yang memiliki integritas dan karakter yang kuat,” kata Ketua DPD PAN Sumbawa BJ. Salam, melalui keterangan tertulisnya kepada VIVAnews, Selasa, 14 Januari 2020.

Sementara itu, Mulfachri menyatakan kader PAN ingin penyelenggaraan kongres nanti tidak menyulitkan.

Artinya, tempat kongres diharapkan mudah dijangkau, memiliki akses transportasi dari berbagai penjuru Indonesia, ketersediaan akomodasinya mampu menampung hingga ribuan kader yang hadir.

Dan memiliki banyak tempat bisa dikunjungi untuk memberikan kesempatan kepada kader PAN mengisi waktu luangnya dalam menggembirakan kongres.

“Saya telah menyerap keinginan peserta dan kader PAN melalui dialog pada forum silaturrahmi. Mereka menginginkan DPP PAN memilih tempat yang tidak menyulitkan kader untuk turut menggembirakan kongres,” kata Mulfachri.

Pertemuan itu dihadiri Ketua Tim Pemenangan Rizki Sadiq, Sekretaris Fraksi PAN DPR Ahmad Yohan, fungsionaris DPP PAN Euis Fatayati, Laila Istiani, Wahyuni Refi, Andi Anzhar, senior dan pendiri PAN Putra Jaya Husin dan fungsionaris DPP lainnya.

Diakhir dialog, DPW dan DPD PAN se-Provinsi Bali menyerahkan dukungan secara simbolis kepada calon ketua umum sebelum acara ditutup dini hari pukul 01.26 WITA. {vivanews}