Turnamen Bulutangkis Sirkuit Nasional 2020 Bakal Digelar di 8 Kota

Delapan kota di delapan provinsi berbeda akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan seri turnamen bulu tangkis Sirkuit Nasional 2020 alias Sirnas 2020.

Tahun ini, Sirnas 2020 akan mulai digulirkan pada 23-28 Maret mendatang di Purwokerto, Jawa Tengah. Setelahnya, Sirnas 2020 bakal berlanjut ke Jambi pada 6-11 April.

Usai jeda selama lebih dari satu bulan, Sirnas 2020 akan kembali digelar di Bandung, Jawa Barat, pada 29 Juni-4 Juli.

Lalu, diteruskan ke Denpasar (Bali), Jakarta, Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Makassar (Sulawesi Selatan), dan Surabaya (Jawa Timur).

Kota Pahlawan akan menjadi kota terakhir penyelenggaraan Sirnas 2020. Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto, mengatakan bahwa pemilihan delapan kota tersebut untuk menyaring para atlet dari beragam daerah.

“Empat kota di luar Pulau Jawa tersebut dipilih untuk menjangkau atlet-atlet di luar Pulau Jawa untuk bisa ikut,” kata Budiharto di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

“Untuk atlet yang sudah biasa dan punya pendanaan untuk ke Pulau Jawa mungkin tidak ada masalah. Namun, bagi yang situasinya berbeda, mungkin akan berat untuk ke Pulau Jawa,” tutur Budiharto melanjutkan.

Lebih lanjut, Budiharto berharap Sirnas bisa membantu PP PBSI melihat perkembangan bulu tangkis di setiap daerah.

“Ada dua target yang diharapkan bisa tercapai pada Sirnas kali ini, yaitu melihat perkembangan pembinaan masing-masing klub, serta memantau untuk penyusunan ranking nasional,” kata Budiharto.

“Di Sirnas akan ada tiga kategori, yaitu remaja, taruna, dan dewasa. Khusus remaja dan taruna ini kita bisa mengukur pembinaan dan potensinya seperti apa. Konsistensinya akan tercermin pada akhir tahun nanti,” ucap dia lagi.

Berikut jadwal lengkap Sirkuit Nasional 2020.

1. Sirnas Jawa Tengah di Purwokerto (Premier) – 23-28 Maret
2. Sirnas Jambi di Jambi – 6-11 April
3. Sirnas Jawa Barat di Bandung (Premier) – 29 Juni-4 Juli
4. Sirnas Bali di Denpasar – 20-25 Juli
5. Sirnas DKI Jakarta di Jakarta (Premier) – 24-29 Agustus
6. Sirnas Kalimantan Tengah di Palangkaraya – 22-26 September
7. Sirnas Sulawesi Selatan di Makassar – 23-28 November
8. Sirnas Jawa Timur di Surabaya (Premier) – 7-12 Desember {bolasport}