News  

Bantu Tangani COVID-19, KADIN Galang Dana Rp.500 Miliar

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia melakukan penggalangan dana, guna donasi peralatan kesehatan bagi para tenaga medis. Penggalangan dana tersebut ditargetkan mencapai Rp 500 miliar.

Bantuan itu diberikan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, RSPAD Gatot Subroto dan RSUP Persahabatan.

“Kami mendapatkan informasi bahwa kecepatan dan ketepatan penanganan menjadi kunci memerangi pandemi COVID-19. Itu yang mendorong sinergi dilakukan melalui penggalangan dana guna memberikan bantuan alat kesehatan,” kata relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/3).

Sementara itu, Ketua Umum KADIN Rosan Roeslani mengatakan, seluruh penyaluran donasi dan perusahaan yang berpartisipasi akan dilaporkan kepada Presiden secara berkala. Pihaknya terus berupaya mengimbau anggotanya agar ikut berperan aktif dalam kegiatan ini.

“Donasi bertahap yang digalang Tzu Chi akan berbentuk peralatan uji cepat (rapid test kit) sebanyak 1 juta buah, 20 ribu baju isolasi (coverall safety), 4 unit alat bantu pernapasan (ventilator), berikut 1 juta masker. Penyaluran bantuan berlangsung di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan dan BNPB,” ucap Rosan.

Bahkan pada Rabu (18/3) kemarin, Tzu Chi telah menyerahkan bantuan berupa APD seperti baju isolasi, masker, kacamata, sarung tangan dan ventilator yang diserahkan ke RSPAD Gatot Soebroto, RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan.

Untuk diketahui, hingga Kamis (19/3) pasien terinfeksi virus korona di Indonesia mencapai 308 orang. Dalam satu hari terakhir, sejak Rabu (18/3) jumlah pasien mengalami peningkatan yang masif hingga 82 kasus baru hanya dalam 24 jam.

Sementara itu, penambahan kasus meninggal tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Ada 17 jiwa di DKI Jakarta, Jawa Tengah 3 jiwa, Bali 1 jiwa, Banten 1 jiwa, Jawa Barat 1 jiwa, Jawa Timur 1 jiwa, dan Sumatera Utara 1 jiwa. {jawapos}