Gerindra Optimis Riza Patria Mampu Bantu Anies Hadapi Wabah Corona

Setelah sekian lamanya, Wakil kursi Gubernur DKI Jakarta kembali terisi. Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra berhasil memenangkan pemilihan pada Senin (6/4) menyisihkan pesaingnya dari PKS, Nurmansjah Lubus.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad yakin, kehadiran Riza dapat membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menghadapi pandemi virus Covid-19 atau Corona.

“Ini kan Anies tidak bisa jalan sendiri alam keadaan situasi yang tidak biasa, sehingga diperlukan juga wakil untuk memback up di lapangan,” ujar Dasco kepada wartawan, Selasa (7/4).

Kehadiran Riza juga dapat membantu Anies dalam berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Sebab diketahui, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu selalu bekerja sendiri, setelah ditinggal Sandiaga Uno.

“Wakil Gubernur yang bisa turun ke masyarakat, memantau dan menenangkan masyarakat,” ujar Dasco.

Selain itu, Wakil Gubernur juga dapat memikirkan relokasi anggaran Pemprov DKI Jakarta. Khususnya saat Jakarta akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). “Ya dalam konteks selamatkam Jakarta dalam wabah Covid-19,” ujar Dasco.

Riza terpilih dalam proses pemungutan suara secara tertutup saat sidang paripurna DPRD DKI dengan agenda pemilihan wagub DKI, Senin (6/4), di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih.

Proses pemilihan dilakukan oleh 100 anggota DPRD yang secara total sebanyak 106 orang. Ahmad Riza Patria mendapatkan 81 suara, sedangkan Nurmansjah Lubis hanya memperoleh 17 suara.

Suara sah sebanyak 98 suara, sedangkan suara tidak sah sebanyak dua suara. Jumlah total adalah 100 suara. {republika}