News  

6 Pasar di DKI Jakarta dengan Sebaran Virus Corona Tinggi

Pasar tradisional di DKI Jakarta menjadi kluster baru penyebaran Covid-19. Puluhan pedagang dilaporkan terinfeksi virus corona sehingga pemerintah setempat terpaksa mengambil tindakan antisipatif.

Setidaknya ada enam pasar di Ibu Kota yang menjadi kluster penularan Covid-19, di antaranya Pasar Perumnas Klender, Pasar Mester Jatinegara, Pasar Serdang Kemayoran, Pasar Kedip Kebayoran Lama, Pasar Rawa Kerbau Cempaka Putih dan Pasar Induk Kramat Jati.

Berikut fakta-faktanya:

1. Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur
Sebanyak 20 pedagang di pasar tersebut dinyatakan positif corona setelah menjalani tes swab yang dilakukan Puskesmas setempat. Namun demikian hingga kini pasar tersebut belum ditutup.

2. Pasar Mester Jatinegara, Jakarta Timur
Berdasarkan data dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) ada satu pedagang yang terinfeksi virus corona.

3. Pasar Serdang Kemayoran, Jakarta Pusat
Sebanyak sembilan pedagang di Pasar Serdang dinyatakan positif corona. Namun, Okezone mendapat informasi bahwa ada penambahan kasus positif di mana jumlah pedagang yang terinfeksi mencapai 14 orang. Pasar tersebut akan ditutup pada Senin (15/6/2020) sampai Rabu (17/6/2020).

4. Pasar Kedip Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Sebanyak dua orang pedagang di pasar tersebut terinfeksi corona. Kini Pasar Kedip ditutup selama 14 hari untuk dilakukan sterilisasi sebagaimana protokol kesehatan yang berlaku.

5. Pasar Rawa Kerbau Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Sebanyak 14 orang pedagang di pasar tersebut terinfeksi virus corona setelah menjalani tes swab. Kini pasar Rawa Kerbau atau Rawasari ditutup sementara selama tiga hari untuk dilakukan penataan ulang Covid-19.

6. Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur
Sebanyak lima orang pedagang pasar Kramat Jati positif corona. Petugas telah melakukan sterilisasi melalui penyemprotan disinfektan di sana. [okezone]