Gabung ke Inter Milan, Messi Jadi Pemain Argentina ke-49 di Nerazzuri

Dalam beberapa hari terakhir, rumor kedatangan Lionel Messi ke Inter Milan berembus kencang. Ada dua hal yang melatarbelakangi kenapa La Pulga –julukan Messi– bisa melanjutkan karier bersama Nerazzurri –julukan Inter.

Beberapa hari yang lalu, ayah Messi yakni Jorge Messi kedapatan membeli rumah mewah di pusat Kota Milan. Kemudian jelang laga Inter Milan vs Napoli, siluet Messi muncul di salah satu iklan yang tayang di layanan streaming asal China kepunyaan Suning Group, PPTV.

Selain itu, faktor lain yang membuat Messi bisa hengkang ke Inter adalah soal sejarah. Sekadar informasi, semenjak berdiri pada 1908, Inter akrab dengan pemain-pemain asal Argentina, negara asal Messi.

Tercatat sepanjang sejarah berdirinya klub, sudah ada 48 nama pemain asal Argentina yang berseragam Nerazzurri. Sejauh ini, Javier Zanetti tercatat sebagai pemain asal Argentina dengan caps terbanyak di Inter.

Selama 19 tahun (1995-2014) membela Inter, Javier Zanetti yang saat ini berstatus sebagai wakil presiden Nerazzurri, mencatatkan 858 penampilan. Tidak hanya turun dalam banyak pertandingan, pria yang sewaktu aktif identik dengan nomor punggung 4 itu juga sukses bersama Inter.

Javier Zanetti tercatat sebagai pemain Argentina dengan koleksi trofi terbanyak bersama Inter, yakni 16 gelar. Gelar Liga Italia jadi yang terbanyak dipersembahkan Zanetti, yakni lima gelar.

Bahkan, Zanetti juga berandil besar saat Inter meraih treble winner pada 2009-2010.

Saat itu bahu-membahu bersama pemain Argentina lain seperti Walter Samuel, Esteban Cambiasso dan Diego Milito, Zanetti yang berstatus sebagai kapten mengantarkan Inter meraih trofi Liga Italia, Coppa Italia dan Liga Champions 2009-2010.

Kemudian untuk urusan pencetak gol terbanyak asal Argentina, Mauro Icardi yang menempati posisi teratas. Pemain yang kini berseragam Paris Saint-Germain itu pernah membela Inter dari 2013-2019.

Dalam kurun waktu tersebut, Icardi turun dalam 219 pertandingan dengan koleksi 124 gol. Bahkan, suami dari Wanda Nara itu sempat keluar sebagai top skor Liga Italia 2013-2014 dan 2017-2018.

Karena itu, jika Messi hengkang ke Inter, entah pada musim panas 2020 atau 2021, ia akan berstatus sebagai pemain ke-49 Argentina yang membela Nerazzurri.

Satu hal yang pasti, kehadiran Messi di tubuh Inter akan mendongkrak popularitas Liga Italia yang sebelumnya lebih dulu memiliki Cristiano Ronaldo. {okezone}