News  

Gunung Agung Siaga, Ribuan Warga Mengungsi Mandiri ke Sejumlah Titik

gunung agung meletus, ribuan warga mengungsi

RadarAktual.com – Peningkatan aktivitas gunung Agung yang berada di Bali, membuat warga di sekitarnya memilih mengungsi secara mandiri ke sejumlah tempat. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya korban jiwa mengingat aktivitas gunung ini semakin meningkat.

Daerah dengan radius  6 kilometer dan 7,5 kilometer di sektor utara, tenggara, selatan-baratdaya dari puncak Gunung Agung direkomendasikan oleh PVMBG untuk mengungsi. Warga terdampak memilih mengungsi ke sejumlah titik aman di sekitar 50 titik pengungsi di Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Buleleng.

Selain di tempat umum seperti GOR dan balai desa dan lainnya, sejumlah warga juga memilih untuk mengungsi ke tempat kerabatnya yang berada di tempat aman. Dengan banyaknya pengungsi tersebut, maka Pemda sudah memberikan bantuan logistik dan obat-obatan.

“Diimbau kepada masyarakat yang mau mengumpulkan donasi, baik berupa barang maupun uang, agar disalurkan melalui satu pintu yaitu Posko Utama Satgas Siaga Darurat, yang beralamat Dermaga Cruise Tanah Ampo, Manggis,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di Pulau Bali dan menjadi salah satu gunung teraktif di Indonesia. Dahulu gunung ini setinggi 3.142 meter di atas pemukaan laut (Mdpl), lalu turun menjadi 2.920-3.014 Mdpl setelah meletus pada tahun 1963. Puncak Gunung Agung terletak di bagian barat daya, tepat di atas Pura Besakih. Gunung itu terakhir meletus pada 1963 dan dampaknya paling dahsyat dibanding gunung-gunung lain.