News  

Ini Daftar Kampus Terbaik Indonesia Versi THE WUR 2021 Sesuai Bidang Ilmu

Sederet PTN masuk ke dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) by Subject 2021 yang dirilis beberapa waktu lalu.

Pemeringkatan ini berdasarkan bidang ilmu pada beberapa indikator, yaitu pengajaran, riset, sitasi, kontribusi internasional dan inovasi. Berikut daftar PTN yang menjadi kampus terbaik di Indonesia versi THE WUR by Subject 2021:

Ilmu Sosial

Meliputi jurusan kuliah Ilmu Komunikasi dan Media, Ilmu Politik dan Hubungan Internasional, Sosiologi, dan Geografi.

Dari 791 kampus di dunia, Universitas Indonesia berada di peringkat 501-600. Sementara Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjadjaran berada di peringkat 601+.

Teknik dan Teknologi

Meliputi jurusan kuliah Teknik Listrik, Teknik Mekanik, Teknik Penerbangan, Teknik Sipil, dan Teknik Kimia.

Dari 1.098 kampus di dunia, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia berada di peringkat 601-800.

Sementara Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember berada di peringkat 801-1.000.

Kampus lainnya yakni Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan PTS Universitas Telkom berada di peringkat 1.001+.

Ilmu Hayati

Meliputi jurusan kuliah Pertanian, Kehutanan, Ilmu Biologi, Kedokteran Hewan, dan Ilmu Olahraga.

Dari 895 kampus di dunia, Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor berada di peringkat 601-800. Sementara Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjadjaran berada di peringkat 801+.

Ilmu Fisika

Meliputi jurusan kuliah Ilmu Matematika, Statistik, Fisika, Astronomi, Kimia, Geologi, Ilmu Lingkungan, Ilmu Bumi, dan Ilmu Kelautan.

Dari 1.149 kampus di dunia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember berada di peringkat 801-1.000. Sementara Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan Universitas Gadjah Mada berada di peringkat 1.001+.

Bisnis dan Ekonomi

Meliputi jurusan kuliah Bisnis dan Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, serta Ilmu Ekonomi dan Ekonometrika.

Dari 729 kampus di dunia, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia berada di peringkat 501-600. Sementara Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan Universitas Padjadjaran berada di peringkat 601+.

Kedokteran

Meliputi jurusan kuliah Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Ilmu Kesehatan.

Dari 856 kampus di dunia, Universitas Indonesia berada di peringkat 301-400. Sementara Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjadjaran berada di peringkat 601+. {kumparan}