Gol Tunggal Harry Kane Ke Gawang WBA Bawa Tottenham Ke Puncak Klasemen

Tottenham Hotspur sukses menang 1-0 atas West Bromwich Albion di pekan kedelapan Premier League. Harry Kane menjadi penentu kemenangan pada laga di The Hawthorns Stadium, Minggu (8/11/2020) malam WIB.

Hasil ini sekaligus mengangkat The Lilywhites ke puncak klasemen dengan poin 17. Mereka unggul satu angka dari Southampton dan Liverpool yang lengser ke posisi kedua dan ketiga.

West Brom mampu memberikan perlawanan di awal laga. Saat pertandingan baru berjalan dua menit, Callum Robinson menembus pertahanan Tottenham dan melepaskan tembakan. Namun, serangannya bisa dimentahkan kiper Tottenham Hugo Lloris.

Tottenham kemudian berusaha menajamkan serangannya pada menit ke-13. Gareth Bale memberikan umpan ke Tanguy Ndombele dan diteruskan kepada Son Heung-min. Sayang, tembakannya masih terlalu lemah.

Tuan rumah terus memberikan tekanan kepada Tottenham. Robinson dengan mudah melewati para bek The Lilywhites. Dia lalu memberikan umpan kepada Karlan Grant. Tetapi, serangannya belum bisa diselesaikan dengan sempurna.

Tim asuhan Slaven Bilic itu kemudian nyaris unggul pada menit ke-34. Jake Livermore mendapat umpan dari Robinson. Sayang, serangannya juga masih belum menemui sasaran. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Begitu babak kedua dimulai, WBA kembali menyebarkan ancaman di pertahanan Tottenham. Mereka beberapa kali mendapat peluang, namun belum bisa diselesaikan dengan sempurna.

Tottenham kemudian membangun serangan pada menit ke-59. Sergio Reguilon melepaskan tembakan keras ke gawang West Brom. Namun, serangannya masih melambung ke atas mistar gawang.

Peluang untuk tuan rumah kembali datang 10 menit kemudian. Conor Gallagher tak perlu usaha keras untuk melewati bek Tottenham. Sayang, serangannya masih melebar.

Peluang kembali didapatkan The Baggies pada menit ke-71. Grant menerima umpan dan berusaha melepaskan tembakan. Hanya saja, usahanya masih belum bisa menembus gawang yang dikawal Lloris.

Akhirnya Tottenham sukses memecah kebuntuan pada menit ke-88. Harry Kane mencetak gol usai menerima umpan dari Matt Doherty dan menyontek bola ke gawang lawan.

SUSUNAN PEMAIN

WEST BROMWICH ALBION (4-3-3)
Johnstone; Furlong, Ajayi, Bartley, O’Shea, Townsend; Gallagher, Livermore (Edwards 89), Krovinovic; Robinson (Diangana 68), Ahearne-Grant (Phillips 84).
Pelatih: Slaven Bilic

TOTTENHAM HOTSPUR (4-2-3-1)
Lloris; Doherty, Alderweireld, Dier, Reguilon; Hojbjerg, Sissoko (Vinicius 79); Son, Ndombele (Lo Celso 64), Bale (Moura 78); Kane.
Pelatih: Jose Mourinho {inews}