Tekno  

iPhone 12 Lulus Sertifikasi TKDN Dari Kemenperin, Pakai Jaringan 4G

iPhone 12 lulus sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Hal itu tercantum di portal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terkait daftar inventarisasi barang atau jasa produksi dalam negeri. Tercatat TKDN telah diberikan tanggal 27 Oktober 2020.

Terdapat empat perangkat iPhone yang telah lulus TKDN antara lain:

1. Apple Iphone model A2399 spesifikasi 4G LTE
2. Apple iPhone model A2403 spesifikasi 4G LTE
3. Apple iPhone model A2407 spesifikasi 4G LTE
4. Apple iPhone model A2411 spesifikasi 4G LTE

Apple 12 memiliki empat model yaitu iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Seperti prediksi sebelumnya, seluruh model iPhone 12 memiliki kemampuan jaringan 5G dan menggunakan prosesor cip A14 Bionic, serta Neural Engine generasi berikutnya.

Cip A14 Bionic adalah cip 5-nanometer pertama di industri dan diklaim 50 persen lebih cepat dari cip smart phone lain.

Dari segi desain, seluruh model iPhone 12 mirip dengan iPhone 5. Seluruhnya juga menggunakan bahan keramik di bagian depan, aluminium di bagian tepi, dan kaca matte bertekstur di bagian belakang.

Namun kritik negatif disampaikan oleh Pavel Durov. Pendiri layanan Telegram Messenger ini mengaku kecewa dengan iPhone 12 Pro yang sudah dia gunakan.

Menurutnya, iPhone 12 Pro punya desain seperti iPhone 5 tapi menggunakan ukuran yang lebih besar. Hal yang membuat iPhone 12 Pro terlihat tidak menarik menurut Pavel Durov adalah rangkaian kamera belakang yang jelek terutama karena punya ketinggian berbeda.

Pria berusia 36 tahun ini juga menjelaskan bahwa Notch di iPhone 12 Pro masih terlalu besar dan bezel terlalu lebar. Hal tersebut membuat rasio layar dan bodi iPhone menjadi rendah. {CNN}