Tekno  

Twitter Bakal Indentifikasi dan Beri Label Khusus Untuk Akun-Akun Bot

Twitter kembali bersikap tegas terhadap akun-akun yang terdaftar di platformnya. Kali ini media sosial itu berencana membuat jenis akun baru untuk membedakan akun otomatis atau bot (robot) dengan akun yang dijalankan oleh manusia mulai awal 2021.

Menurut Twitter kebijakan itu dibuat agar akun-akun bot bisa terdeteksi dan tidak membingungkan banyak pengguna Twitter. Akun bot diketahui bergerak secara otomatis.

“Di tahun 2021, kami berencana untuk membuat jenis akun baru untuk membedakan akun otomatis dengan akun yang dijalankan oleh manusia,” kata Twitter dalam blog resmi, Jumat (18/12).

Twitter menyampaikan akun yang mengunggah konten ke Twitter secara otomatis atau disebut dengan bot dapat memberikan berbagai manfaat dalam layanan, seperti laporan gempa atau peringatan untuk diri sendiri.

Tapi, Twitter berkata akun itu dapat membingungkan banyak orang bila tidak ada label yang jelas bahwa akun tersebut adalah akun otomatis. Dengan adanya ciri khusus, pengguna tahu mana akun bot dan mana yang bukan.

Di tahun 2021, Twitter juga berencana untuk membuat jenis akun baru yang dirancang untuk mengenang akun-akun dari seseorang yang sudah meninggal dunia.

Rencana itu diklaim akan dilengkapi dengan pembaharuan kebijakan untuk memorialization dan alur pendaftaran baru untuk menjadikan sebuah akun sebagai akun memorial.

Twitter menambahkan verifikasi hanyalah satu bagian dari pekerjaan untuk membantu pengguna mengetahui dengan siapa mereka berinteraksi di Twitter.

“Kami tahu, bahwa tidak mudah untuk mengevaluasi keaslian akun di internet, dan mengetahui dengan siapa Anda berinteraksi adalah inti dari percakapan publik,” tutup Twitter. {CNN}