Tertinggal Jauh dari Klub-Klub Iran, Persija Jakarta Berjuang Jadi Klub Terpopuler di Asia

Persija Jakarta beberapa waktu yang lalu telah dinobatkan sebagai klub paling populer di wilayah Asia Tenggara atau ASEAN versi Federasi Sepakbola Asia (AFC). AFC melakukan sebuah jajak pendapat atau polling sebelumnya dan Persija sukses keluar menjadi pemenang usai mengumpulkan suara terbanyak.

Persija keluar sebagai pemenang usai mendapatkan 32,5% dari total suara, sedangkan juara keduanya dikuasai oleh klub asal Malaysia, yakni Johor Darul Ta’zim yang mendapatkan 29% suara.

Kini kedua tim tersebut pun terus bersaing untuk menemukan siapa tim yang paling populer di keseluruhan wilayah Asia.

Sebab AFC lagi-lagi membuka jajak pendapat untuk mengetahui klub mana yang kira-kira pantas untuk disebut sebagai tim paling populer se-Asia. Dalam polling terbaru tersebut, Persija bakal bersaing dengan tujuh klub lainnya, yang mana salah satunya adalah Johor Darul Ta’zim.

Lantas selain Persija dan Johor Darul Ta’zim, klub mana saja yang bakal bersaing untuk memperebutkan gelar klub terpopuler tersebut.

Jawabannya adalah Al Wehdat yang berasal dari Yordania, lalu ad Al Ittihad (Syria), Persepolis FC (Iran), Shanghai Shenhua (China), Suwon Samsung Bluewings (Korea Selatan), dan Tractor SC (Iran).

Bila melihat dari kedelapan tim yang bersaing itu, maka yang menarik adalah Iran mengirimkan dua wakilnya untuk memperebutkan gelar klub terbaik di Asia. Hal itu dikarenakan Tractor SC dan Persepolis keluar menjadi tim terbaik saat polling di wilayah Asia Tengah dan Selatan.

Hebatnya, kedua tim tersebut kini sedang memimpin peroleh suara untuk menemukan klub mana yang paling populer di Asia. Tractor SC yang berstatus tim terfavorit di Asia Tengah dan Selatan pun menjadi tim yang memiliki suara terbanyak sejauh ini, tepatnya mendapatkan 43,07% suara.

Sedangkan Persepolis FC yang berada di urutan kedua di polling Asia Tengah dan Selatan itu juga menempati posisi kedua di pemungutan suara klub terbaik di Asia dengan mengoleksi 29,03% suara. Dua tim asal Iran itu benar-benar mendominasi pemungutan suara sejauh ini.

Lantas bagaimana dengan Persija? Macan Kemayoran sejauh ini berada di urutan kelima dengan mengumpulka 5,22% suara. Selain kalah jauh dari Tractor SC dan Persepolis FC, Persija juga tertinggal dari Al Wehdat dan Al Ittihad yang sama-sama merupakan klub asal Asia Barat.

Tampaknya sulit bagi Persija untuk mengejar keempat klub dari perwakilan wilayah Asia Barat serta Asia Tengah dan Selatan tersebut. Namun, bukan berarti Persija tak bisa mengejar mereka.

Sebab pemungutan suara akan terus dibuka sampai 1 Januari 2021 atau saat pengumuman siapa pemenangnya diumumkan. Jadi, masa ada beberapa hari lagi untuk para pencinta sepakbola Indonesia, khususnya penggemar Persijak untuk mendukung Macan Kemayoran di pemungutan suara yang diselenggarakan pihak AFC. {okezone}