Putuskan Pensiun, Ini Sederet Rekor dan Prestasi Yang Dibuat Wayne Rooney

LEGENDA Manchester United, Wayne Rooney, telah resmi memutuskan untuk pensiun sebagai pesepakbola. Pria berkebangsaan Inggris itu pensiun di usianya yang ke-35 tahun dan kini melanjutkan karier sebagai manajer Derby County.

Rooney dianggap sebagai legenda Man United karena selama berkarier sebagai pemain ia telah menyumbang banyak sekali kontribusi yang membuat The Red Devils berprestasi. Kisah Rooney di Man United dimulai pada musim panas 2004 kala ia diboyong dari Everton dengan harga 37 juta euro.

Pada saat itu, nominal tersebut tentunya sudah terbilang tinggi. Apalagi, Rooney juga masih sangat muda, belum genap berusia 19 tahun. Akan tetapi, kepercayaan yang diberikan Sir Alex Ferguson mampu dibayar tuntas oleh penyerang berjuluk Wazza tersebut.

Selama membela Man United, Rooney turut mengantarkan The Red Devils meraih gelar juara Liga Inggris sebanyak lima kali, Piala FA satu kali, Piala Liga Inggris empat kali, dan Community Shield empat kali.

Tidak hanya di kancah domestik, di level Eropa dan internasional Rooney juga membantu The Red Devils meraih kejayaan. Pada musim 2007-2008, Man United diantarkan Rooney menjuarai Liga Champions setelah menumbangkan Chelsea di partai final lewat drama adu penalti.

Setelahnya, The Red Devils pun menjuarai Piala Dunia Klub. Dalam turnamen tersebut, Rooney didapuk sebagai top skor dengan koleksi tiga golnya.

Bahkan, Rooney masih terus mempersembahkan trofi di musim terakhirnya membela The Red Devils, yakni 2016-2017. Kala itu Man United sudah ditangani Jose Mourinho, namun mereka mampu menjuarai Liga Eropa.

Secara individu, prestasi Rooney juga tidak kalah mentereng. Tercatat, selama 13 musim berseragam Man United, Rooney berhasil mencatatkan dirinya sebagai top skor sepanjang masa The Red Devils dengan koleksi 253 gol dari 559 kali bertanding.

Ketajaman Rooney juga terbukti ketika ia membela Timnas Inggris. Wazza didapuk sebagai top skor sepanjang masa The Three Lions dengan torehan 53 gol dari 120 kali berlaga.

Sementara itu, di pentas Liga Inggris, Rooney menempati posisi kedua sebagai top skor sepanjang masa turnamen tersebut. Ia mencatatkan 208 gol selama berkarier di Liga Inggris. Rooney hanya kalah dari Alan Shearer yang menorehkan 260 gol. {okezone}