Kuasai Separo Eksekutif Di Sulsel, NH-AZIZ Optimis.

Ngeri, Ini Kekuatan NH-Aziz di Pilgub Sulsel

Pilgub Sulawesi Selatan sudah mendekati akhir waktu dan ada empat pasangan cagub dan cawagub yang dinyatakan lolos pada tahap pendaftaran KPU. Mereka adalah Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz), Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan), Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), dan Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL)M

Mereka diprediksi akan bertarung secara ketat dalam perebutan tempat gubernur dan wakil gubernur di Sulawesi Selatan. Karena masing-masing pasangan mempunyai basis massa yang jelas dan terbagi di beberapa daerah, meskipun ada juga daerah yang mempunyai basis pasangan yang sama.

Dengan diusung Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Hanura, PKB, dan PKPI, pasangan “Sulsel Baru” itu dapat menguasai 35 dari 85 kursi parlemen di DPRD Sulsel karena itu dari segi usungan partai Politik, untuk pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakar jelas jauh unggul dari tiga rivalnya.

Nurdin Halid dan Aziz Qahhar Mudzakar hingga saat ini juga menguasai lebih dari separuh kekuatan eksekutif (kepala daerah) di 24 kabupaten kota di Sulawesi Selatan. Seperti diketahui Partai Golkar sebagai pemenang pemilu di Sulawesi Selatan memiliki 10 bupati dan 6 wakil bupati. Partai Golkar juga diketahui memiliki 18 Ketua DPRD di Sulsel.

Juru bicara NH-Aziz, Risman Pasigai mengatakan “Pasca Pendaftaran di KPU, Tim Kami semakin solid, bekerja secara efektif serta terukur, dukungan rakyat kepada pasangan NH-AZIZ semakin baik. Program-program kami semakin diyakini masyarakat. apalagi kekuatan koalisi semakin bergerak menambah efektifnya pergerakan di lapangan,”.

Ditambah pengalaman segudang Nurdin halid antara lain sebagai Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), mantan Ketua Umum PSSI, dan Ketua Harian DPP Golkar diharapkan memiliki jalinan komunikasi hingga ke tingkat desa/keluharan.

Aziz sebagai calon wakil Nurdin juga memiliki pengalaman yang mumpuni, Aziz merupakan Senator DPD RI tiga periode dan juga salah satu tokoh islam yang memiliki kedekatan dengan sejumlah ormas Islam. Kita kenal pendukung Aziz selama ini dikenal sangat fanatik. Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Amin Syam juga mendukung majunya pasangan NH-Aziz.

Karena Nurdin Halid merupakan putra kelahiran Bone dan juga memiliki keturunan Soppeng, maka pasangan NH-Aziz diprediksi memiliki basis yang kuat di wilayah Bone, Wajo, Sidrap dan juga Luwu Raya (Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo).

Akan tetapi majunya nama Andi Sudirman Sulaiman, yang juga putra Bone mendampingi Nurdin Abdullah, disebut-sebut bakal akan mempengaruhi perolehan suara NH di wilayah tersebut.

Aziz sebagai pendamping juga begitu, Aziz selamai ini disebut-sebut sebagai salah satu tokoh sentral akan memiliki saingan di wilayah Luwu raya. Dikarenakan sang adik, Andi Mudzakkar akan ikut maju mendampingi Ichsan Yasin Limpo, hal ini juga bisa mengganggu perolehan suara NH-Aziz. Diketahui Aziz dan Andi Mudzakkar merupakan putra dari Kahar Mudzakkar.

“Basis utama kita adalah daerah etnis bugis, dan Luwu Raya insya Allah kita menangkan,” kata Risman.