Kunjungi Universitas Mulawarman, Politisi Golkar Hetifah Dorong Keterwakilan Perempuan

politisi
politisi

Sambil berbagi pengalaman kepada para mahasiswa dalam kunjungannya ke Universitas Mulawarman, politisi Partai Golkar Hetifah Sjaifudian dorong keterwakilan perempuan di parlemen dan menjadi role model dalam dunia perpolitikan di Indonesia. Pada Kamis (25/1/2018), Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia Wilayah Kaltim-tara menyelenggarakan Seminar Legislatif Mahasiswa. Seminar ini bertempat di ruang dekanat Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Seminar kampus ini menghadirkan beberapa tokoh politisi. Tokoh yang hadir sebagai pembicara adalah Hetifah Sjaifudian (Anggota DPR RI), Syafruddin (Anggota DPRD Provinsi Kaltim), Jumardi (Ketua DPM KM Unmul), dan Dwi Lutfi (Forum Legislatif). Tema seminar tersebut adalah “Menciptakan Sinergitas antara Lembaga Legislatif Mahasiswa Kaltim-Kaltara Demi Mengembalikan Marwah Perjuangan Mahasiswa” Acara seminar ini dihadiri lebih dari 200 peserta.

Acara seminar berlangsung meriah karena para mahasiswa antusias mengikuti acara tersebut. Tokoh-tokoh politisi yang hadir sebagai pembicara di acara tersebut menyampaikan ilmu dan berbagi berbagai pengalaman yang telah dilalui, pemahaman tentang kegiatan sebagai legislator. Para pembicara juga memberikan dorongan dan antusiasme kepada para mahasiswa, sebagai upaya menumbuhkan semangat juang bagi para mahasiswa untuk mengarahkan perjuangannya, masuk dalam bidang politik di Indonesia.

Hetifah Sjaifudian secara khusus menceritakan pengalamannya sebelum menjadi legislator, yaitu sebagai aktivis kampus. Banyak kegiatan kampus ditekuninya, hingga menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan di Kampus ITB, Bandung. Politisi Partai Golkar ini mengatakan hal tersebut memberikan keuntungan karena mengerti fakta dan data. “Dulu Saya berkiprah sebagai aktivis kampus. Lalu lanjut aktif di LSM. Hal ini saya akui justru menguntungkan saya, karena saya menjadi terbiasa berbicara dengan fakta dan data”, papar Legislator Golkar yang mewakili dapil Kaltim Kaltara ini.

Lebih lanjut, sosok politisi perempuan Golkar ini menyampaikan, bahwa syarat perempuan untuk menjadi seorang politisi adalah memiliki passion yang besar untuk mengubah sesuatu, menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat, memiliki cita-cita serta orientasi perjuangan politik.

Hetifah Sjaifudian mengungkapkan bahwa dirinya memiliki misi agar para politisi yang berkecimpung di bidang politik lebih banyak berbicara dengan data dan fakta. “Saya punya misi mendorong para pemangku kebijakan untuk dapat berbicara berdasar fakta dan data. Karena saya lihat di parlemen jarang ada keputusan yang berdasarkan data-data yang sesuai fakta. Keputusan umumnya disesuaikan dengan kepentingan politik”, demikian ungkap Hetifah.

Sebagai politisi perempuan Golkar, yang aktif memperjuangkan keterwakilan perempuan dalam bidang politik, Hetifah Sjaifudian juga tidak lupa mendorong para mahasiswa perempuan untuk turut memiliki andil dalam dunia politik. Dalam upaya untuk terus meningkatkan keterwakilan perempuan, berbagai hal sudah dilakukan untuk mendorong perempuan terus berkarya dan tidak mudah putus asa. “Perempuan diharapkan menjadi role model. Perjuangan perempuan bahkan harus tiga kali lebih dari laki-laki. Justru itu tantangannya. Perempuan harus bisa”, demikian ujar Hetifah memberi semangat para mahasiswa. Berbagi pengalaman dan dorongan semangat kepada para mahasiswa, khususnya mahasiswa perempuan untuk terus maju dna bergerak. Harapannya, politisi perempuan dapat tampil menjadi role model sosok politik yang baik. []