News  

Heboh! Chip e-KTP Dituding Bisa Lacak Lokasi, Roy Suryo: Nggak Usah Lebay!

Baru-baru ini publik dihebohkan dengan aksi potong e-KTP dengan tujuan membongkar chip yang dilakukan oleh beberapa oknum. Muncul juga desas-desus yang mengklaim bahwa chip dalam e-KTP bisa digunakan untuk mendeteksi atau melacak lokasi.

Lewat sebuah cuitan, pakar telematika Roy Suryo memberikan penjelasan terkait hal tersebut. Dalam cuitan yang diunggah pada Minggu (14/2/2021) ia membantah anggapan bahwa chip dalam e-KTP mampu melacak lokasi.

Ia juga meminta publik untuk tidak bersikap berlebihan menanggapi isu tersebut.

“Tweeps, selama kapasitas chip di e-KTP Indonesia masih hanya 8 KByte seperti sekarang, fungsi ‘tracker’ seperti yang dikhawatirkan (seperti dalam Film ‘Enemy of the State’) belum akan terjadi,” tulis Roy Suryo.

“Jadi nggak usah lebay, kecuali kalau sudah jadi 32 KByte besok-besoknya. Sayang saja e-KTP-nya kalau digunting-gunting,” lanjut Roy Suryo.

Dalam cuitannya, Roy Suryo menyertakan beberapa judul berita yang membahas soal isu chip e-KTP bisa melacak lokasi. Ia juga mengunggah sebuah poster film yang bercerita tentang aksi pelacakan seperti yang dikhawatirkan masyarakat.

Melihat cuitan tersebut, para warganet lantas memberikan beragam komentar. Beberapa dari mereka mengaku tercerahkan dengan cuitan Roy Suryo tersebut, ada juga yang mengkritisi.

“Ini dia…pencerahan. Tapi kan, yang namanya teknologi itu cepat melesat, sebentar lagi (mungkin) KTP kita jadi 32Kb. Ngeri disalahgunakan, seperti Will Smith yang dikerjain NSA..(cerita Enemy of state),” tulis warganet dengan akun @PlisForGi****.

“Readernya aja masih kurang. Di jalan-jalan yk beberapa sudah terpasang rfid reader, kira-kira u baca kendaraan atau KTP Mas Suryo?” tulis warganet dengan akun @di_pone****.

Sebelumnya, muncul beberapa video TikTok yang memperlihatkan aksi potong KTP. Aksi tersebut viral dan menimbulkan rumor yang menyebut bahwa chip dalam KTP digunakan untuk melacak lokasi.

Viral Aksi Pria Bongkar KTP Sampai Rusak Hanya untuk Perlihatkan Chip Sebuah video beredar di jejaring media sosial memperlihatkan seorang pria yang tengah membongkar isi KTP-nya.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @makassar_iinfo. Dalam video itu, pria itu tampak melubangi KTP tersebut. Berdasarkan unggahan tersebut, pria itu hendak memperlihatkan isi chip dalam KTP. {suara}