News

Meragukan Klaim Sri Mulyani dan Airlangga Hartarto Atas Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

0

Oleh: Gede Sandra, Pengamat Ekonomi

Dalam berbagai pemberitaan, Menko Ekonomi Airlangga Hartarto menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 berada di peringkat ke-4 setelah China, Vietnam, dan Korea Selatan.

Darimana datanya, ternyata beredar slide presentasi dari Kemenkeu pada halaman “Tekanan Ekonomi Indonesia termasuk yang moderat”. Sama dengan klaim Menko Perekonomian, pertumbuhan ekonomi Indonesia disebut berada di posisi ke-4.

Karena saya meragukan klaim tersebut, saya periksa data pertumbuhan ekonomi negara-negara di Dunia via internet. Ternyata yang saya temukan adalah: setidaknya ada 30-an negara yang pertumbuhan ekonominya tahun 2020 lebih baik dari Indonesia!

Kalau dalam ilmu statistik, teknik pemerintah ini namanya “cherry picking”. Hanya memilih data yang pas agar hasilnya bagus sesuai keinginan, sementara data yang tidak pas tidak dipilih.

Bagaimanapun.. Luar biasa upaya klaim tim ekonomi pemerintah.. tidak pernah berhenti memberi angin sorga kepada publik. Semua cara dilakukan. Seolah kita semua bodoh sehingga tidak bisa verifikasi kebenaran klaim mereka. {harianterbit}

Kadinkes Morotai Ungkap Ada Peserta Usai Divaksin COVID-19 Akui Alat Kelaminnya Tambah Besar

Previous article

Soal Mitos 08, Akankah Prabowo Subianto Jadi Presiden ke-8 Gantikan Jokowi?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *