Dampak COVID-19, Indonesia Kirim Skuad Berbeda di Swiss Open dan All England 2021

PBSI memutuskan untuk mengirimkan skuad berbeda ke ajang Swiss Open (Super 300) dan All England 2021 (Super 1000). Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Rionny Mainaky.

Rionny menjelaskan bahwa seluruh pemain yang akan tampil di Swiss Open pada 2-7 Maret 2021 tidak akan mengikuti All England pada 17-21 Maret 2021.

Ia mengatakan bahwa adanya waktu terbatas terkait harus karantina sepulang dari Swiss, PBSI khawatir persiapan para pemain menjadi kurang maksimal.

“Iya jadi untuk pemain-pemain Swiss itu tidak mungkin untuk lanjut tampil di All England. Karena secara persiapan tidak memungkinkan mereka bisa bermain maksimal,” ungkap Rionny, mengutip dari laman resmi PBSI, Kamis (25/2/2021).

“Ketika mereka pulang dari Swiss kam perlu karantina dulu di Jakarta, jadi waktunya tidak cukup untuk mengejar ke Birmingham,” lanjutnya.

Sementara itu, jika skuad tetap berlanjut ke Swiss, Rionny mengkhawatirkan kondisi atlet yang akan cukup lama berada di Inggris. Apalagi, penyebaran Covid-19 di Inggris masih cukup tinggi, terutama terkait adanya virus Corona baru.

“Kalau mereka langsung lanjut ke Birmingham pun risikonya besar, karena di sana penyebaran Covid-nya masih tinggi,” sambungnya.

Karena itu, pihaknya memutuskan untuk membagi dua skuad yang akan bertanding di dua turnamen tersebut. Terlebih dua turnamen tersebut memiliki prioritas berbeda, di mana Swiss Open masuk dalam perhitungan Olimpiade. Sedangkan All England tidak, tetapi turnamen bergengsi.

Salah satu wakil Indonesia yang tengah mengejar Olimpiade yakni Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja pun akhirnya diputuskan untuk mengikuti Swiss Open 2021. Sementara keikutsertaan mereka di All England 2021 dibatalkan.

Skuad Indonesia di Swiss Open 2021 Super 300

Tunggal Putra: Shesar Hiren Rhustavito

Tunggal Putri: Ruselli Hartawan

Ganda Putra: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Ganda Putri: Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, Nita Violina Marwah/Putri Syaikah

Ganda Campuran: Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Skuad Indonesia di All England Open 2021 Super 1000

Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Tommy Sugiarto

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Ganda Campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti {okezone}