Greysia Polii Bakal Pensiun, Eng Hian Carikan Pasangan Baru Untuk Apriyani Rahayu

Pelatih bulutangkis ganda putri, Eng Hian, mengaku sudah menemukan satu pemain yang dipersiapkan sebagai pasangan baru Apriyani Rahayu ketika Greysia Polii pensiun suatu saat nanti.

Greysia Polii saat ini menginjak usia 33 tahun. Namun, dirinya masih menjadi andalan bersama Apriyani Rahayu untuk membawa ganda putri Indonesia berprestasi di ajang Olimpiade Tokyo pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang.

Diketahui, pasangan ranking enam dunia itu menempati peringkat kejutuh klasemen Race to Tokyo dan menjadi satu-satunya wakil ganda putri Indonesia di Olimpiade.

Setelah itu, bukan tidak mungkin Greysia Polii bakal benar-benar mulai mempertimbangkan gantung raket. Apalagi dirinya kini sudah menikah dan ingin membangun keluarga yang diidamkan.

Berbicara mengenai kemungkinan Greysia Polii pensiun, pelatih ganda putri, Eng Hian, mengaku telah ancang-ancang mulai sekarang termasuk menyiapkan program dan pasangan pengganti untuk Apriyani.

“Greysia belum membahas soal pensiun. Tapi mengingat usia, mungkin sudah ada pikiran itu. Mungkin baru tahun depan akan dipikirkan,” kata Eng Hian dalam bincang-bincang virtual yang diadakan PP PBSI, dilansir dari laman resmi PB Djarum.

“Untuk Apriyani, tentu sudah saya pikirkan dan saya siapkan program serta (pasangan) penggantinya. Mungkin dari program percapatan itu bisa. Jadi setelah Greysia pensiun, Apriyani tidak perlu mulai dari bawah lagi,” lanjutnya menjelaskan.

Kendati mengaku sudah menyiapkan calon pasangan untuk Apriyani, namun Eng Hian masih enggan menyebut nama pemain tersebut.

“Kalau soal nama (pengganti Greysia untuk Apriyani, red), sebetulnya saya sudah siapkan. Tapi rasanya kurang etis kalau saya sebutkan sekarang,” ungkapnya.

Kabar Greysia Polii akan segera pensiun sejatinya sudah mencuat sejak tahun lalu, tepatnya setelah penampilan Greysia/Apriyani di Indonesia Masters 2020.

Regenerasi Ganda Putri Sekelas Greysia/Apriyani

Namun kala itu pihak PBSI menyatakan baru bisa menemukan atau meregenerasi pasangan ganda putri seperti Greysia/Apriyani paling cepat tahun 2022.

Sementara sejauh ini ganda putri yang berada di bawah Greysia/Apriyani hanya Siti Fadia/Ribka Sugiarto. Akan tetapi, pasangan tersebut terpaut jauh dengan menempati peringkat 34 dunia.

Sepanjang 2021 ini, Greysia/Apriyani Rahayu sudah berhasil mengantongi gelar juara di ajang Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, Januari lalu.

Mereka juga mampu mencapai babak semifinal di kejuaraan Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000. Sayangnya, pada ajang BWF World Tour Finals 2020 di Bangkok, Greysia/Apriyani belum berhasil lolos dari ketatnya persaingan di fase penyisihan grup. {okezone}