Simic Hattrick, Persija Gilas Tampine Rovers 4-1

marko simic

Simic bantu Persija Jakarta mengamankan tiga poin seusai meraih kemenangan 4-1 atas Tampines Rovers pada pertandingan kedua Grup H Piala Asia, Rabu (28/2/2018). Laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu ditentukan oleh sumbangan hat-trick Marko Simic. Satu gol lain buat ‘Macan Kemayoran’ dicetak oleh Rezaldi Hehanusa.

Laga ini tidak cuma diwarnai dengan aksi heroik Simic. Persija harus bermain dengan 10 orang karena Jaimerson mendapatkan kartu merah pada menit ke-48.

Tak banyak perubahan yang dilakukan oleh pelatih Persija, Stefano ‘Teco’ Cugurra, pada laga kali ini. Urung tampilnya Novri Setiawan karena sakit membuat Addison Alves beroperasi di sayap kiri. Sementara tim tamu tampil dengan kekuatan penuh. Pelatih Juergen Raab masih mengandalkan Fahrudin Mustafic sebagai pemain kunci lewat pakem 4-3-3.

Kota Jakarta memang tengah dalam cuaca bagus tatkala kedua kesebelasan ini bersua. Tak hanya itu, ribuan Jakmania yang hadir di stadion pun membuat Persija mampu tampil menekan sejak menit awal.

Laga baru berjalan dua menit, winger kanan Persija, Riko Simanjuntak, telah membuat kejutan ke gawang Tampines. Namun sepakan eks penggawa Semen Padang itu masih bisa diamankan oleh penjaga gawang Mohammad Syazwan.

Persija memang aktif menyerang baik dari sisi kiri maupun kanan pertahanan Tampines sejak wasit Kim Woosung asal Korea Selatan meniupkan peluit tepat pukul 18:30 WIB. Terbukti dalam enam menit berjalannya pertandingan babak pertama, Ismed Sofyan telah mengambil sepak pojok sebanyak empat kali.

Buah dari serangan melalui sisi sayap pun akhirnya menciptakan gol memasuki menit ke-11. Riko, yang beberapa kali lolos dari penjagaan bek kanan Tampines, Irwan Shah, berhasil mengirim umpan cut-back kepada Marko Simic. Tanpa kesulitan, penyerang Kroasia ini berhasil mencetak gol ke sudut kiri gawang. Skor 1-0 Persija memimpin.

Setelah terjadinya gol, anak asuh Raab memang dipaksa oleh para pemain Persija untuk bertahan. Ryutaro Megumi yang diplot di sisi kanan selalu menjadi tumpuan serangan Tampines mendulang peluang.

Namun, usaha pemain asal Jepang ini pun tampak sia-sia karena lini kedua Tampines, yang dihuni Fazhrul Nawaz dan Khairul Amri, terus dijaga oleh pemain belakang Persija, Jaimerson dan Maman Abdurrahman.

Tuan rumah sejatinya mampu menggandakan kedudukan melalui Simic saat laga memasuki menit ke-37. Memanfaatkan umpan silang dari Riko yang lagi-lagi menyisir dari sisi kiri pertahanan lawan, bola sundulan penggawa 30 tahun ini masih mengenai mistar gawang.

Persija baru mencetak gol kedua saat memasuki menit ke-41 melalui Rezaldi Henanusa. Pemain yang berposisi di sektor kiri ini mampu merangsek masuk ke pertahanan Tampines tanpa pengawalan yang berarti. Melalui sepakan kaki kanannya, pemain Tim Nasional Indonesia berhasil mencetak gol. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

 

Usai kembali dari ruang ganti, petaka menghampiri Persija. Kejadian berawal saat pemain belakang mereka, Jaimerson Xavier, kedapatan menyikut pemain Tampines di daerah pertahanan sendiri. Tanpa kompromi, wasit langsung menghakimi bek asal Brasil ini dengan kartu merah.

Bermain dengan 10 pemain, membuat Teco, sapaan pelatih Persija, menggeser Rohit Chand menggantikan posisi Xavier dan memaksa Ramdani Lestaluhu dan Sandi Sute bekerja ekstra di lini tengah.

Meski unggul jumlah pemain, Tampines tetap tampil tertekan. Pasalnya, serangan melalui sisi kiri dan kanan Persija tetap menjadi andalan dalam menyusun serangan. Dan, buah dari serangan dari sayap pun kembali berujung gol ketiga pada pertandingan kali ini. Lagi-lagi, Simic berhasil mencatatkan namanya ketika laga memasuki menit ke-74, usai menerima umpan dari Ramdani. Skor 3-0 Persija menjauh.

Usai kemasukan tiga kali, Tampines akhirnya mampu mencetak gol pada menit ke-77 melalui sundulan Khairul Amri. Situasi gol terjadi saat sisi kiri pertahanan Persija ditinggal oleh Rezaldi. Skor 3-1 Tampines memperkecil ketertinggalan.

Simic tampaknya benar-benar menjadi mimpi buruk untuk pertahanan Tampines. Untuk kali ketiga, dia menggetarkan jala gawang Tampines tiga menit menjelang waktu normal berakhir. Skor 4-1 untuk kemenangan Persija menutup laga ini.

Hasil ini membuat Persija naik ke posisi ketiga dengan raihan tiga poin dari dua pertandingan. Mereka kalah head-to-head dan selisih gol dari Johor Darul Tazim yang bertengger di posisi kedua.