Tekno  

Ini 5 Tips Untuk Lindungi Perangkat Kita Dari Serangan Siber Ransomware

Era yang serba digital semakin banyak membuka banyak peluang bagi para penjahat siber. Kejahatan siber menjadi ancaman tersendiri bagi para pengguna internet. Serangan siber pun semakin beragam, salah satunya ransomware yang sangat merugikan.

Data para korban bisa dikunci peretas sehingga tidak bisa dibuka. Biasanya, pelaku menuntut korbannya untuk membayar tebusan uang agar file yang dikunci bisa kembali.

Tak perlu panik, karena ada beberapa tips yang dapat melindungi perangkat dari serangan ramsomware. Dilansir dari unggahan Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jumat (5/11), berikut selengkapnya:

1. Backup data baik file atau dokumen penting secara teratur dan berkala di layanan cloud computing ataupun hard drive eksternal. Gunakan kata sandi yang kuat dan otentikasi dua faktor.

2. Waspada terhadap email, aplikasi pesan, media sosial atau forum online yang masuk. Situs web terinfeksi dan lampiran email merupakan tempat paling umum untuk sarang ransomware. Pastikan email tidak terdapat pesan yang memiliki sumber bahaya potensial.

3. Update software tepat waktu juga menjadi hal penting dilakukan. Aktifkan update otomatis dan periksa update secara teratur untuk aplikasi yang tidak diperbarui secara otomatis.

4. Hindari mengunjungi situs web mencurigakan. Jika sempat klik banner iklan tapi situs web tidak muncul atau tiba-tiba situs tersebut mengunduh sesuatu segera tutup halaman tersebut dan batalkan unduhan.

5. Matikan fitur file sharing atau berbagi file jika sering menggunakan perangkat di jaringan yang berbeda. Hindari semaksimal mungkin memberikan hak izin full sharing ke sebuah jaringan. {sindo}