Tak Tampil di India Open 2022, Pramudya Kusumawardana Alihkan Fokus Ke Rangkaian Tur Eropa

Pebulu tangkis spesialis ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana, mengungkap perasaannya usai gagal tampil di India Open 2022. Meski kecewa, dia memilih mengalihkan fokusnya untuk menatap turnamena lain, di antaranya rangkaian tur Eropa.

Pramudya mengaku kecewa karena tidak dapat tampil di India Open 2022 yang akan bergulir pada 11-16 Januari 2022. Sebagaimana diketahui, skuad PBSI memang memutuskan untuk mundur dari tiga kejuaraan yang akan berlangsung di India.

Ketiga kejuaraan tersebut adalah India Open 2022 pada 11-16 Januari, Syed Modi India International pada 18-23 Januari, dan Odisha Open 2022 yang dijadwalkan 25 hingga 30 Januari.

Mundurnya skuad PBSI dari kejuaraan tersebut bukanlah tanpa alasan. Hal itu didasari karena melonjaknya kasus virus Covid-19 varian baru, Omicron, yang saat ini tengah melanda benua Eropa hingga Asia.

Kemudian, minimnya latihan yang akan dilakoni para atlet juga menjadi salah satu alasan. Sebab, seperti yang kita tahu, para pemain baru saja menyelesaikan rangkaian Indonesia Badminton Festival 2021 pada Desember.

Pramudya mengaku cukup kecewa karena tidak dapat mengikuti India Open 2022. Akan tetapi, tandem dari Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan itu mengatakan kalau tidak masalah karena faktor kesehatan menjadi yang utama.

“Sebenarnya cukup kecewa karena batal tampil di India Open 2022, tapi untuk saat ini memang kesehatan harus diutamakan karena ada varian baru Covid-19, Omicron,” kata Pramudya ketika dihubungi MNC Portal Indonesia.

Pemain kelahiran Sukabumi itu mengambil sisi positifnya. Dia menyatakan akan menggunakan waktu sebaik mungkin untuk membenahi kekurangan pada laga-laga sebelumnya guna menatap rangkaian turnamen Eropa yang akan berlangsung pada Maret.

Ada sederet turnamen yang akan diagelar di Eropa. Di antaranya adalah Spanyol Masters, Jerman Open, All England, dan Swiss Open.

“Saya ambil sisi positifnya karena mungkin akan bertanding di bulan Maret, jadi saya akan memaksimalkan persiapan dan membenahi kesalahan-kesalahan di pertandingan sebelumnya agar apabila diberi kesempatan nanti, saya sudah siap memberikan yang terbaik,” ungkapnya.

Sebagai informasi tambahan, meski skuad PBSI mengundurkan diri pada India Open 2022, masih ada wakil Indonesia yang akan berlaga di ajang tersebut. Terdapat empat wakil Tanah Air, yaitu Tommy Sugiarto, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fitriani, dan Yulia Yosephine Susanto. {okezone}