Jadi Pembalap Tertua Di Gelaran F1 2022, Fernando Alonso Justru Merasa Diuntungkan

Pembalap Alpine, Fernando Alonso, jadi driver tertua di Formula 1 (F1) 2022. Mendapati status ini, Fernando Alonso justru merasa memiliki keuntungan untuk mengarungi F1 2022.

Sebagaimana diketahui, gelaran F1 2022 akan dimulai pada 20 Maret 2022. Grand Prix Bahrain menjadi seri balapan perdana bagi para pilot jet darat.

Menatap musim baru tersebut, Alonso tak terlalu khawatir. Pasalnya, dia menilai bahwa faktor usia dan pengalaman merupakan keuntungan yang dimilikinya dibandingkan pembalap yang lain.

Alonso kini berusia 40 tahun dan menjadi pembalap tertua pada F1 2022. Sebelumnya kita tahu masih ada Kimi Raikkonen yang merupakan veteran namun dirinya sudah pensiun akhir musim lalu.

“Usia saya adalah keuntungan. Ketika saya tiba di sirkuit, saya memiliki keuntungan karena telah lebih mengetahuinya,” kata Alonso, dikutip dari Tuttomotoriweb, Selasa (18/1/2022).

“Tahun lalu semua orang menguji ban baru 18 inci, tapi saya sudah mengenalnya dari WEC. Jadi, semua hal yang saya hadapi, bagi orang lain untuk pertama kalinya, dan bagi saya itu adalah kedua atau ketiga kalinya. Ini hal bagus,” ungkapnya.

Musim 2022 kali ini sedikit berbeda. Sebab, terdapat 23 seri balapan. Jumlah ini lebih banyak jika dibanding pada musim lalu yaitu sebanyak 21 seri saja.

Namun, di usianya yang sudah kepala 4, Alonso justru sangat antusias. Pembalap asal Spanyol itu menyebut bahwa untuk masuk ke dunia F1 memang harus dibutuhkan dedikasi tinggi serta pengorbanan dan dia sudah siap akan itu.

“Satu-satunya masalah untuk menjadi lebih tua adalah anda harus memiliki motivasi untuk memasuki musim di mana anda akan berjarak 300 hari per tahun. Anda harus memiliki gaya hidup yang memungkinkan anda mendedikasikan diri untuk olahraga ini,” imbuhnya.

“Selain itu, semua hal lain adalah keuntungan. Jadi, karena saya dalam momen, saya ingin mendedikasikan untuk F1. Itu fantastis dan saya hanya melihat keuntungan.

Kemudian, secara fisik, saya kira mobil-mobil saat ini tidak terlalu menuntut. Saya pikir tahun 2004-2005, mungkin usia adalah batasan,” pungkas Alonso. {okezone}