Mahfud, TGB dan Airlangga Masuk Cawapres Jokowi

Mahfud, TGB dan Airlangga Masuk Cawapres Jokowi Radar Aktual

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan sejumlah nama masuk ke dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya pada Pemilihan Presiden 2019. Saat dijumpai seusai menghadiri acara bela negara Garda Pemuda Nasdem, Senin (16/7/2018), Jokowi mengonfirmasi beberapa nama yang disebut para jurnalis.

Beberapa nama yang dimaksud, yakni mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Madji, dan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Awalnya, para jurnalis meminta tanggapan Jokowi soal sosok Mahfud. Jokowi menjawab, “Sangat bagus, sangat bagus.” Jokowi ditanya lagi, apakah nama Mahfud masuk ke dalam bursa cawapresnya, Jokowi menjawab, “Masuk, masuk.”

Kemudian jurnalis bertanya, apakah TGB masuk ke dalam pertimbangannya sebagai cawapres. Jokowi kembali menjawab, “Masuk, masuk.”

Demikian pula saat jurnalis bertanya apakah Airlangga juga masuk ke dalam bursa cawapresnya. Jokowi menjawab sambil tersenyum, “Oh, iya masuk.” Kebetulan, saat itu, Airlangga tepat berada di samping Jokowi. Mendengar pernyataan Jokowi itu, Airlangga tertawa.

Saat ini, Jokowi masih menggodok siapa yang akan mendampinginya untuk maju dalam pertarungan perebutan kursi RI 1 2019 mendatang. “Sekali lagi saya sampaikan, masih digodok, biar matang. Kalau matang, nanti enak. Belum matang dikeluarkan, gimana sih,” ujar Jokowi.