Selain Prabowo, 3 Kader Gerindra Ini Berpotensi Maju di Pilpres 2024

Meski sejumlah parpol menggiring isu agar Pemilu 2024 ditunda, di pihak lain malah ada sejumlah kader Partai Gerindra disebut berpotensi maju di Pilpres 2024. Nama-nama itu dianggap bisa menjadi cadangan untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Pengamat komunikasi politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan, tiga kader Partai Gerindra yang berpeluang maju mengikuti Pemilihan Presiden atau Wakil Presiden 2024.

Ketiga nama itu di luar Prabowo Subianto. “Kalau dilihat hasil survei memang Prabowo tinggi,” kata Emrus dikonfirmasi, Minggu (6/3).

Emrus mengungkap, ketiga kader Partai Gerindra yang berpeluang maju di Pilpres itu adalah Sandiaga Uno, Sufmi Dasco Ahmad, dan Sekretaris Jenderal DPP Ahmad Muzani.

Emrus tidak memungkiri Ketua Umum Prabowo Subianto masih besar berpotensi maju Pilpres 2024. “Prabowo tidak maju di Pilpres 2024, itu tidak mungkin. Namun, jika ada rencana cadangan ada ketiga kader yang dinilai layak,” tegas Emrus.

Dia menuturkan, Sandiaga Uno yang menjabat wakil ketua Dewan Pembina Partai Gerindra memiliki kelebihan. Seperti, tingkat elektabilitas tinggi, karena pernah ikut maju sebagai Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

“Sandiaga ini kader Gerindra yang paling dikenal oleh masyarakat karena pernah maju, lalu sekarang menjadi menteri dan juga memiliki sumber daya yang memadai,” beber Emrus.

Lalu, Sufmi Dasco Ahmad kini menjabat ketua harian DPP Partai Gerindra memiliki kelebihan jaringan politik dan pergaulan yang luas. Dia dekat dengan aktivis pemuda dan mahasiswa. Menurut Emrus, sosok Sufmi Dasco dapat diterima oleh masyarakat umum.

“Dasco sebagai Ketua Harian DPP Partai Gerindra dan juga sebagai Wakil Ketua DPR memiliki kelebihan yang diterima oleh umum, karena jaringan politik dan pergaulan yang luas,” ungkapnya.

Terakhir, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang kini menjabat Wakil Ketua MPR. “Kemampuan Ahmad Muzani juga dinilai layak, apalagi banyak posisi stratergis yang dijabat juga dikenal dekat dengan para ulama,” papar Emrus.

Meski demikian, Emrus tak memungkiri peluang Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 masih sangat besar. Sebab, Prabowo merupakan tokoh sentral di partai politik berlambang burung garuda itu.

Dalam kesempatan yang sama, Emrus menilai isu penundaan Pemilu 2024 belum melihat ada potensi untuk menghalangi Prabowo Subianto maju di Pilpres 2024. Namun, isu penundaan Pemilu terus digaungkan oleh sejumlah politisi.

“Isu (penundaan pemilu) merupakan akal-akalan saja. Presiden Joko Widodo sudah tegas mengatakan harus patuh terhadap konstitusi,” tandasnya. {JP}