Daftar Politikus Terkaya di Indonesia, ARB Teratas

Daftar Politikus Terkaya di Indonesia, ARB Teratas Radar Aktual

Daftar orang terkaya di Indonesia yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu. Menariknya ada beberapa nama baru yang masuk di dalamnya. Di daftar orang terkaya tersebut juga ditemukan nama-nama mereka yang aktif di dalam politik praktis/ politikus.

Semua kekayaan mereka ada di kisaran ratusan juta sampai miliaran dolar Amerika. Beberapa di antara mereka adalah pendiri dan ketua partai, tetapi ada juga yang bukan. Siapa saja para petinggi partai terkaya tersebut? Berikut tujuh namanya beserta jumlah kekayaan mereka.

7. Sandiaga Uno
Peringkat: 85
Kekayaan: USD 300 juta
Partai Gerindra

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjadi yang termuda di daftar ini. Pria yang dulunya Presiden Direktur Saratoga memiliki harta sebesar USD 300 juta atau sekitar Rp 4,3 triliun (1 USD = Rp 14.418).

Tahun ini kekayaan Sandiaga mengalami penurunan dari sebelumnya berjumlah USD 500 juta. Saat ini, Sandi aktif sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dan Ketua Tim Pemenangan Pilpres 2019.

6. Surya Paloh
Peringkat: 70
Kekayaan: USD 575 juta
Partai Nasdem

Surya Paloh adalah salah satu petinggi media di Indonesia. Pria kelahiran Banda Aceh pada 67 tahun silam ini memiliki kekayaan sebesar USD 575 juta atau sekitar Rp 8,2 triliun.

Selain memimpin perusahaan media, Paloh juga Ketua Partai Nasdem yang merupakan bagian inti dari koalisi pemerintah. Di pilpres mendatang, partai ini berkomitmen untuk mendukung petahana Presiden Joko Widodo.

5.Hutomo Mandala Putra
Peringkat: 60
Kekayaan: USD 670 juta
Partai Berkarya

Putra bungsu Soeharto, Hutomo Mandala Putra (Tommy), termasuk jajaran politisi terkaya di Indonesia. Kekayaannya ditaksir mencapai USD 670 juta atau sekitar Rp 9,6 triliun. Hal ini menjadikannya anak Soeharto yang paling kaya. Tommy mendapat kekayaannya dari Humpuss yang bergerak di bidang investasi, pengapalan, dan properti. Ia menjadi Ketua Umum Partai Berkarya yang lolos verifikasi KPU untuk Pemilu 2019 dan mendapatkan nomor tujuh.

4. Jusuf Kalla
Peringkat: 54
Kekayaan: USD 900 juta
Partai Golkar

Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla (JK) ada di posisi selanjutnya. Tidak terlalu mengejutkan JK berada di posisi tinggi, karena ia memiliki jaringan bisnis besar di bawah Kalla Group, konglomerasi yang diurusnya dan keluarga. Mulai dari sektor properti, otomotif, energi, konstruksi, keuangan, dan transportasi. Bahkan JK memiliki lini sepatu sendiri bernama JK Collection. Tahun 2014, harta JK ditaksir mencapai Rp 478 miliar. Sekarang, kekayaannya ditaksir naik dan berlipat ganda mencapai USD 900 juta atau sekitar Rp 12 triliun.

3. Hashim Djojohadikusumo
Peringkat: 51
Kekayaan: USD 915 juta
Partai Gerindra

Hashim Djojohadikusumo adalah adik Prabowo Subianto. Hashim berkecimpung di sektor investasi dan energi lewat Arsari Group. Arsari Group juga bergerak di pertambangan, perkebunan, dan logistik. Total kekayaannya ditaksir mencapai USD 915 juta atau sekitar Rp 13,1 triliun. Saat ini Ia menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

2. Hary Tanoesoedibjo
Peringkat: 19
Kekayaan: USD 1,8 miliar
Partai Perindo

Kekayaan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) ditaksir mencapai USD 1,8 miliar atau sekitar Rp 25,9 triliun. Selama ini, HT memang terkenal di bisnis media, walau ternyata sumber kekayaannya terdapat di sektor-sektor lain seperti finansial dan properti. Dengan kekayaannya, HT menyandang gelar sebagai ketua partai yang paling kaya di Indonesia.

1. Aburizal Bakrie
Peringkat: 12
Kekayaan: USD 2,05 miliar
Partai Golkar

Nama Bakrie sudah akrab didengar masyarakat. Meskipun sudah bukan lagi Ketua Umum Partai Golkar, ternyata harta Aburizal Bakrie (ARB) menjadikannya sebagai politisi terkaya di Indonesia. Hartanya mencapai USD 2,05 miliar atau sekitar Rp 29,5 triliun. Bakrie Group bergerak di sektor media, properti, dan tentunya energi. Saat ini, ARB menjabat Ketua Dewan Pembina Partai Golkar yang masih berada dalam koalisi pemerintah.

Nah, itulah nama-nama politisi Indonesia terkaya saat ini. Selain dari dunia politik, kekayaan mereka juga didapatkan dari perusahaan yang mereka miliki. Nah, apakah datar di atas sesuai dengan prediksi anda?