Timnas Belanda U21 Panggil Pemain FC Groningen Keturunan Jawa, Neraysho Kasanwirjo

Timnas Belanda U-21 baru saja merilis daftar pemain yang dipanggil untuk lanjutan Kualifikasi Piala Eropa U-21 2023. Ada pemain bernama khas Suku yang menghiasi skuad, ia adalah Neraysho Kasanwirjo.

Total ada 23 pemain yang dipanggil ke skuad ‘Oranje’ muda kali ini. Neraysho Kasanwirjo sendiri diproyeksikan untuk memperkuat lini belakang, mengingat posisinya sebagai bek tengah.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Kasanwirjo dipanggil ke skuad Belanda U-21. Menurut statistik Transfermarkt, Kasanwirjo sudah pernah bermain sekali bersama Belanda U-21 pada September 2021. Ia tampil melawan Moldova U-21 dan bermain penuh 90 menit.

Kasanwirjo juga sudah menjadi langganan tim-tim muda Belanda. Ia berangkat dari Timnas Belanda U-15, U-16, U-17 baru kemudian ke U-21.

Di level klub, Kasanwirjo adalah produk akademi Ajax Amsterdam. Pada pertengahan 2021, ia direkrut sesama tim Eredivisie, FC Groningen, dan kini sudah bermain reguler di skuad senior.

Neraysho Kasanwirjo disinyalir memiliki darah keturunan Suku Jawa. Hal itu tak lain merujuk pada nama belakangnya. Dugaan ini bukannya tak berdasar karena ia juga punya darah keturunan Suriname yang memiliki sejarah erat dengan Jawa. {kumparan}