News  

Apresiasi MotoGP Mandalika, Anies Baswedan: Harumkan Indonesia di Kancah Internasional

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ajang balap MotoGP Mandalika 2022, di Nusa Tenggara Barat (NTB), sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah global.

“Suksesnya Mandalika GP tidak hanya mengharumkan nama Lombok tapi juga Indonesia. Semua perlu mendukung kesuksesan karena membawa bangga negara,” kata Anies, dikutip dari Antara, Minggu (20/3/2022).

Menurut Anies, MotoGP Mandalika berlangsung sukses berkat kerja semua pihak. Tim dan pebalap nasional, sampai masyarakat ikut mendukung dan menyaksikan balapan yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, NTB.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang memastikan lancarnya perhelatan Mandalika GP,” ucapnya.

Bahkan, kata Anies, saat hujan deras dan petir yang sempat membuat jadwal balapan ditunda sejenak, tidak menyurutkan semangat para penonton yang hadir secara langsung.

“Hujan deras tidak menyurutkan semangat ribuan penonton di tribun Sirkuit Mandalika hari ini. Alhamdulillah, dapat kembali mengunjungi Lombok dan turut menyaksikan sejarah dibuat di MotoGP Mandalika,” tutur Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan, kesuksesan MotoGP Mandalika membuktikan Indonesia mampu menggelar ajang kelas dunia, khususnya bidang olahraga, seperti saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Adapun penyelenggaraan MotoGP Mandalika sekaligus menjadi penanda akhir penantian 25 tahun Indonesia untuk kembali menggelar ajang balap motor Grand Prix.

Sebelumnya, Indonesia kali terakhir menjadi tuan rumah balap Grand Prix pada 1997. Kala itu, balapan berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, dengan nama resmi Marlboro Indonesia Grand Prix.

“Kegiatan global semacam ini membanggakan Indonesia, menggaungkan nama Indonesia di panggung dunia,” kata Anies.

“Ke depan terus dukung agar kegiatan-kegiatan serupa bisa terus terlaksana dengan baik, untuk memberikan pesan kepada dunia bahwa kita siap untuk kembali bangkit dari tantangan pandemi,” ucap Anies.

Selama berada di Mandalika, Anies juga mendatangi stan promosi pariwisata Kepulauan Seribu saat Mandalika Experience Expo 2022, yang diadakan di sela-sela MotoGP.

Dalam promosi pariwisata itu, Anies meluncurkan aplikasi pariwisata Kepulauan Seribu bernama “Pulo 1000”. {kompas}