Aksi Provokasinya di Semifinal SEA Games 2021 Bikin Marah Suporter Indonesia, Bek Thailand Jonathan Khemdee Mohon Ampun

Pesepak bola Timnas Indonesia Rizky Ridho (kedua kiri) memprotes keputusan wasit Yahya Ali yang memberinya karta merah pada semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022)

Bek Thailand U-23, Jonathan Khemdee, menyampaikan permohonan maaf kepada suporter Indonesia.

Hal itu tak lepas dari aksi provokasinya saat melawan Timnas U-23 Indonesia di semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5) kemarin.

Pertandingan itu berakhir dengan kemenangan tipis 1-0 Thailand atas ‘Garuda Muda’. Gol dari Weerathep Phomphun di menit 95 membawa Thailand maju ke partai final.

Sepanjang pertandingan, Jonathan Khemdee terlihat kerap melakukan provokasi ke pemain Indonesia. Ia juga terlibat dalam adu cekcok yang terjadi di penghujung pertandingan.

Laga itu kemudian diwarnai empat kartu merah, di mana tiga di antaranya untuk Indonesia.

Jonathan Khemdee lantas menjadi sasaran amuk warganet Indonesia di Instagram. Bahkan, akun Instagram pribadinya, @jonathankhemdee17, hilang diduga karena di-report massal.

Jonathan Khemdee kemudian membuat akun Instagram baru untuk menanggapi kegaduhan yang terjadi. Ia meminta maaf kepada segenap suporter Indonesia atas segala bentuk provokasi yang dilakukan di lapangan.

Maaf Indonesia, tolong jangan report akun terakhir saya lagi. Saya minta maaf kepada semua penggemar sepak bola, terutama Indonesia atas tindakan saya yang seharusnya tidak saya lakukan di lapangan.

Manusia tidak lepas dari kesalahan,” tulis Jonathan Khemdee di akun Instagram barunya, Jumat (20/5).

”Saya senang Thailand lolos ke final SEA Games, namun saya merasa sedih atas tindakan saya di lapangan saat melawan Indonesia. Sekali lagi saya minta maaf kepada semua, suporter Thailand dan Indonesia. Apa yang saya bisa lakukan agar kalian memaafkan saya?” lanjutnya.

Sejak awal, Jonathan Khemdee yakin mampu menaklukkan Indonesia di semifinal. Ia berambisi membawa Thailand melaju hingga partai puncak SEA Games.

“Kami siap berlaga ketika kami memiliki skuad yang kuat. Saya tidak memikirkan banyak tentang Indonesia U-23.

Mereka tim yang hebat, tapi lebih penting untuk mengembangkan diri kami sendiri,” ucap Khemdee kepada Zing News, Rabu (18/5).

“Saya pikir laga besok [Kamis, 19 Mei] akan sangat menarik untuk pendukung. Kami akan bekerja keras untuk melaju ke final. Penting bagi Thailand untuk berjuang dan bermain bersama, jika kami melakukan itu, kami akan menang,” tambahnya.

Selanjutnya, Thailand dan Indonesia akan kembali bertanding pada Minggu (22/5) mendatang.

Thailand menghadapi tuan rumah Vietnam di partai puncak, sementara Indonesia melawan Malaysia di perebutan juara 3.(Sumber)