Solidaritas Palestina, Argentina Batal Bertanding Lawan Israel

Argentina bersiap melawan Italia pada laga bertajuk “Finalissima” yang mengadu juara Copa America 2021 dan EURO 2020. Namun Lionel Messi cs batal bertemu Israel karena soal Palestina.

Tim nasional sepakbola Argentina membatalkan rencana pertandingan persahabatan FIFA dengan Israel pada 05 Juni 2022.

Walau Federasi Sepakbola Argentina (AFA) tidak menyebutkan alasan pembatalan, namun media mengangkat isu kemanusiaan jadi alasan pengambilan keputusan mengenai jadwal Lionel Messi cs.

Media di kawasan Timur Tengah menyebut, alasan pembatalan AFA ialah sebagai memenuhi secara simpatik terhadap permohonan yang datang dari Palestina setelah tentara Israel menembak mati seorang pemain muda, Mohammed Ghneim, usia 19 tahun, dari klub Al Khader pada April 2022.

Sebagai ganti pertandingan dengan Israel, Argentina mengajak Estonia menggelar partai persahabatan pada jadwal yang sama, 05 Juni 2022, di Stadion Anoeta, San Sebastian, Spanyol.

Pertandingan di kawasan Basque akan berlangsung sesudah squad Lionel Scaloni melawan Italia di London, Inggris.

Argentina Fokus “Finalissima”
Pertandingan Argentina dan Italia ialah model baru kejuaraan antarnegara dari benua (konfederasi) berbeda.

Dengan tajuk “finalissima” (final terakhir), juara EURO 2022 dan Copa America 2021 terlibat duel yang akan menentukan siapa juara sebenarnya di antara raja Eropa dan Amerika Selatan.

Duel “Finalissima” memulihkan format lama turnamen satu pertandingan antara juara Piala Eropa dan Piala Amerika Selatan yang pernah berkembang dengan nama Coppa Artemio Franchi.

Namun kejuaraan yang seperti Piala Super berlangsung hanya dua kali, yakni pada 1985 di Paris dan 1993 di Argentina.

Edisi pertama Coppa Artemio Franchi mempertemukan Prancis (juara EURO 1984) dan Uruguay (Copa America 1983) di Paris.

Tuan rumah menjadi pemenang dengan skor 2-0. Namun pelaksanaan kedua tidak terjadi karena penyelenggaraan EURO dan Copa America yang tidak bisa berjalan simultan.

Bila EURO dapat berputar secara olimpiade (empat tahun sekali) dan berjalan pada tahun genap, Copa America berlangsung pada tahun ganjil tapi tidak selalu empat tahunan, sehingga jadwal Coppa Artemio Franchi kesulitan menentukan peserta dari kawasan Amerika Selatan untuk menantang juara Eropa.

Penyelenggaraan kedua yang seharusnya berjalan pada 1989 tidak terlaksana sebab Copa America sudah melahirkan dua juara, 1987 (Uruguay) dan 1989 (Brasil), padahal Eropa menerbitkan hanya satu juara, yakni Belanda (1988). Turnamen Artemio Franchi hingga pelaksanaan berikutnya, 1993.

Seperti pada pertandingan inaugurasi, tuan rumah mengambil keuntungan pada Artemio Franchi Cup 1993.

Argentina (juara Copa America 1991) menang adu penalti, 5-4, atas Denmark (pemenang EURO 1992) setelah dua tim bermain sama kuat, 1-1, pada waktu normal sampai perpanjangan waktu.

“Piala Super” antara juara Eropa dan Amerika Selatan kemudian terhenti.

UEFA dan CONMEBOL baru bersepakat pada 12 Februari 2020 untuk menyelenggarakan turnamen baru, pengganti Artemio Franchi Cup.

Kejuaraan resmi model anyar akan bermula dari edisi perdana Finalissima pada Juni 2022.

Melanjutkan tugas Inggris sebagai tuan rumah final EURO 2020, pertandingan Finalissima antara Italia (juara Piala Eropa) dan Argentina (pemenang Copa America) akan berlangsung pada Rabu malam, 01 Juni 2022, di Stadion Wembley, London, Inggris.

Argentina melakukan persiapan terakhir dengan pemusatan latihan nasional di Bilbao, Spanyol. Lionel Messi cs tidak hanya akan melawan Italia, tapi juga Estonia pada pertandingan persahabatan resmi FIFA pada Ahad malam, 05 Juni 2022, di kawasan Basque, Spanyol.(Sumber)