Timnas Indonesia Ditahan Imbang Bangladesh, Shin Tae-yong Ngamuk ke Wasit

Timnas Indonesia menghadapi Bangladesh dalam FIFA Matchday, Rabu (1/6) malam WIB.

Duel di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kab. Bandung tersebut diwarnai aksi Shin Tae-yong masuk ke lapangan usai pertandingan dan mengamuk ke wasit.

Dalam pantauan kumparan melalui live streaming, momen tersebut terjadi di akhir laga.

Usai peluit panjang, Shin tampak menghampiri wasit cadangan, Fariq Hitaba, di tepi lapangan. Ia kemudian masuk ke dalam lapangan.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut terlihat berteriak kepada wasit utama, Yudi Nurcahya. Aksi tersebut disinyalir karena ketidakpuasan Shin terhadap keputusan wasit selama pertandingan.

Salah satu momen yang cukup menjadi sorotan dalam laga tersebut adalah gol Stefano Lilipaly yang dianulir. Keputusan tersebut terjadi pada menit ke-72.

Dimas Drajad mendapatkan umpan terobosan dari Koko Ari. Dimas kemudian memberikan umpan silang yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Lilipaly.

Sayangnya, gol tersebut dianulir. Dalam tayangan ulang, Dimas sudah berada dalam posisi offside saat Koko Ari hendak melepaskan umpan terobosan.

Yudi Nurcahya bukanlah wasit pertama yang diamuk oleh Shin. Pelatih 51 tahun tersebut memang belakangan kerap terlihat naik pitam.

Yang terbaru terjadi saat semifinal SEA Games 2021 kala Indonesia bersua Thailand pada 19 Mei lalu. Kala itu, amukan Shin mewarnai Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam pada menit ke-56.

Saat itu, hakim garis menjadi sasaran amukan Shin setelah memberikan tendangan bebas kepada Thailand. Ia bahkan masih membentak dan menunjuk-nunjuk hakim garis setelah laga dimulai.

Selama SEA Games 2021, Shin tak hanya sekali menentang keputusan wasit. Ia juga pernah mengamuk hakim garis kala Timnas U-23 mengalahkan Filipina di fase grup pada 13 Mei lalu.

Bukan hanya di SEA Games, Shin juga pernah mengamuk di Piala AFF 2020, Desember lalu. Momen itu terjadi di laga semifinal leg kedua antara Indonesia dan Singapura.

Safuwan Baharudin dikartu merah jelang babak pertama usai dan tak lama kemudian Singapura mencetak gol.

Keributan kemudian pecah di mana Shin menunjuk-nunjuk bench Singapura dan berbicara dengan asisten wasit.

Terlepas dari amukan Shin, pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat berakhir 0-0. Sepanjang 90 menit jalannya laga, Indonesia kesulitan untuk menembus pertahanan Bangladesh dan gagal memanfaatkan peluang-peluang yang ada.(Sumber)