Rakernas NasDem, Mayoritas DPW Usulkan Nama Anies dan Ganjar Jadi Capres

DPW ajukan nama capres 2024 di rapat pleno Rakernas NasDem, kamis (16/6/2022).

NasDem menggelar rakernas sejak Rabu (14/6) hingga Jumat (17/6) di Jakarta Convention Center.

Hasil rakernas itu akan mengeluarkan rekomendasi capres yang akan diusung NasDem di Pilpres 2024

DPW NasDem minimal bisa mengusulkan 3 nama capres dan maksimal 5 nama dalam rakernas ini. Sedangkan total peserta yang hadir mencapai 6.307 orang.

Nama-nama populer hingga kader organik partai NasDem bermunculan dari usulan DPW.

Mulai dari Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Erick Thohir, Andika Perkasa, Dudung Abdurrachman, Syahrul Yasin Limpo, Rachmat Gobel hingga Prananda Surya Paloh.

Sedangkan tokoh perempuan yang banyak diusulkan DPW menjadi capres yakni Khofifah Indar Parawansa hingga Lestari Moerdijat.

“Kami ajukan satu, Ganjar Pranowo. Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Andika Perkasa, dan Ketua DPW NasDem Papua Mathius Awoitauw,” kata Mathius Awoitauw dalam rapat, Rabu (16/6).

Ketua DPP NasDem Willy Aditya antusias menyambut nama-nama yang diusulkan. Ia mengapresiasi banyak nama kader daerah yang diajukan oleh DPW.

“Ini cita-cita Pak Surya Paloh ada capres yang keriting rambutnya, hitam kulitnya,” ujar Willy yang juga menjadi moderator rapat pleno ini,

Dari nama-nama yang diajukan DPW NasDem di 34 provinsi, nama Anies dan Ganjar cukup mendominasi.

Dua nama ini diusulkan oleh DPW Jabar, Papua Sulteng, NTT, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan hingga Sulawesi Tenggara.

“Di Sulteng NasDem pemenang. Rekomendasi capres sebagai representatif perempuan Indonesia yang tokoh nasional, kami usulkan Lestari Moerdijat, Anies, Ganjar,” kata perwakilan NasDem Sulteng sekaligus istri Waketum NasDem Ahmad Ali, Nilam Sari.

Nama Anies dan Ganjar juga diusulkan oleh DPW Jawa Timur. Bahkan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ada di urutan keempat yang diusulkan DPW Jatim.

“Mengusulkan Anies, Ganjar, Andika Perkasa, Khofifah Indar Parawansa, dan Rachmat Gobel,” ujar perwakilan DPW Jatim.

Setelah rapat pleno, usulan capres tersebut akan disimpulkan menjadi hasil rekomendasi.

Hasil rakernas khusus bakal calon presiden akan diserahkan kepada Ketua Umum Surya Paloh pada Jumat (17/6).(Sumber)