Tekno  

Bos Tokopedia: Daripada Bakar Duit, Startup Lebih Baik Bangun Infrastruktur

Co Founder & Director PT Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, mengungkapkan bahwa untuk membuat bisnis startup berkembang, seharusnya membangun infrastruktur terlebih dahulu dari pada melakukan promosi bakar uang.

Kendati demikian, ia percaya masing-masing perusahaan memiliki strateginya sendiri.

“Kalau di kita sih, kita percaya bukan bakar uang. Menurut saya kalau bisnisnya itu, levelnya harus bangun infrastruktur dulu,” ujar Leon saat makan malam di Gadjah Wong Restaurant, Yogyakarta, Selasa (14/6).

Menurut Leon, Tokopedia lebih memilih membangun infrastruktur, seperti payment infrastructure. Ia menilai, hal tersebut merupakan investasi di masa depan.

“Menurut saya, yang kita lakukan di Tokopedia, kita investasi sebelum ideal, jadi kan harus ada yang berani investasi dulu,” ungkap Leon.

Tidak hanya itu, saat ditanya kumparan mengenai keruntuhan startup yang disebabkan bakar uang, Leon menjelaskan, perusahaan dalam berbisnis harus dapat mengindentifikasi permasalahannya. “Yang namanya bikin bisnis itu di mana-mana sama kita itu harus mengidentifikasi masalahnya,” kata Leon.

Selanjutnya, dalam memetakan masalah, kata Leon, perusahaan harus mampu menganalisa apakah permasalahan hang dihadapi hanya terjadi pada perusahaannya sendiri atau perusahaan kompetitor.

“Ini ada masalah apa gitu, oh oke masalahnya gini. Masalahnya besar atau enggak? Apakah cuma teman-teman saya doang?” tutur Leon.

Setelah itu, tambah Leon, perusahaan dapat mengukur untuk mencari solusi. “Nah baru kita pikirin long term strategist-nya itu bagaimana, short term tactical-nya mau bagaimana,” tanya Leon

Ia juga menjelaskan, tidak ada perbedaan antara membuat startup dan bisnis tradisional.

Tokopedia, lanjut Leon, lebih banyak melakukan investasi untuk masa depan.

“Kalau di kita sih kebanyakan ke investasi buat masa depan,” tandas Leon.(Sumber)