Ranking BWF Terbaru: Peringkat Pramudya/Yeremia dan Apriyani/Siti Naik

Pemain ganda putra Indonesia Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/ Pramudya Kusumawardana melawan ganda putra Malaysia di Indonesia Open 2022, Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/6).

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah merilis perubahan ranking per Selasa (21/6) usai Indonesia Open 2022.

Adapun, peringkat Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia meningkat.

Indonesia Open berakhir dengan tanpa adanya satu pun wakil RI di partai final pada Minggu (19/6) lalu. Empat wakil RI yang tersisa habis di partai perempat final dalam turnamen berlevel Super 1000 tersebut, Jumat (17/6).

Kendati demikian, capaian tersebut tetap mengubah posisi beberapa pebulu tangkis Indonesia di peringkat dunia. Salah satu yang menanjak adalah Pramudya/Yeremia.

Pramudya/Yeremia terhenti di babak perempat final usai kalah dari pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Apesnya, Yeremia harus beristirahat lama karena mengalami cedera lutut.

Dengan capaiannya itu, Pramudya/Yeremia berhasil naik dua peringkat. Keduanya kini ada di peringkat ke-14 dengan koleksi 64.197 poin.

Apes bagi Fajar Alfian/Rian Ardianto yang juga terhenti di perempat final. Pasangan yang menjuarai Indonesia Masters pada minggu sebelumnya ini malah turun satu peringkat, kini di peringkat ke-7.

Ganda putra Indonesia lainnya tak berubah. Marcus Gideon/Kevin Sanjaya tetap teratas, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di peringkat ke-3, Bagas Maulana/Shohibul Fikri di peringkat ke-20, dan Leo Carnando/Daniel Marthin tiga tingkat di bawahnya.

Sementara itu, Apriyani/Siti melesat di sektor ganda putri. Keduanya juga hanya sampai perempat final Indonesia Open, namun telah mendekati peringkat 100 besar dunia.

Saat ini, Apriyani/Siti bertengger di peringkat ke-132 dunia dengan 14.400 poin, menanjak sebanyak 78 peringkat. Torehan yang cukup mentereng mengingat keduanya baru berlaga di dua turnamen.

Masih dari sektor ganda putri, Febby Valencia/Ribka Sugiarto juga naik 89 peringkat. Keduanya kini menduduki peringkat 208 dunia dengan 8.040 poin.

Febriana Kusuma/Amalia Pratiwi yang terhenti di babak kedua Indonesia Open juga naik 16 peringkat. Keduanya kini berada di peringkat ke-68 dunia dengan 27.888 poin.

Di lain sisi, sektor tunggal putra tak banyak bergerak. Anthony Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura menetap di peringkat ke-6, ke-8, dan ke-45, hanya Shesar Hiren Rhustavito yang turun dua tingkat ke urutan 26 dunia.

Di sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung turun satu tingkat ke urutan 31. Sementara itu, Putri Kusuma Wardani menetap di peringkat 49 dunia.

Sektor ganda campuran juga tak berubah. Praveen Jordan/Melati Daevaa yang retired di babak 16 besar menetap di peringkat kelima, Rinov Rivaldy/Pitha Mentari yang tersingkir di babak pertama juga tertahan di peringkat 19.(Sumber)