Tekno  

Facebook Segera Luncurkan NFT, Ini Mata Uang Crypto Yang Bakal Dipakai

Meta Platforms Inc sudah mulai meluncurkan rencana untuk memasuki pasar NFT (non-fungible token) pada platform Facebook .

Sebelumnya, Meta telah mulai menguji NFT di Instagram, dan selanjutnya program ini akan dicoba pada Facebook.

Seorang juru bicara Meta dilaporkan sudah mengkonfirmasi bahwa pembuat konten terpilih di Amerika Serikat (AS) dapat memposting dan memamerkan “koleksi digital” mereka.

Koleksi digital merupakan istilah Meta untuk NFT, sebagai bagian dari proses peluncuran program ini.

Selanjutnya, Navdeep Singh, seorang manajer program teknis untuk produk di Meta men-tweet gambar yang mengungkapkan seperti apa tampilan antarmuka untuk pengguna Facebook yang berinteraksi dengan NFT.

Grafik menunjukkan bagaimana pengguna Facebook dapat memposting, menyimpan, dan menelusuri koleksi digital.

Dari tangkapan layar postingan Navdeep Singh, dengan mengklik posting NFT akan menampilkan detail tentang koleksi digital itu, seperti nama koleksi dan pembuatnya.

Namun, Meta belum memposting pengumuman resmi tentang peluncuran NFT di Facebook untuk semua pengguna.

“Kreator dan kolektor akan dapat membagikan koleksi digital mereka di Facebook dan Instagram setelah kami mulai meluncurkan fitur ini di Facebook dengan kreator AS terpilih di kemudian hari,” demikian rilis Meta pada 22 Juni 2022 dikutip SINDOnews dari laman thehindu, Minggu (2/7/2022).

CEO Meta, Mark Zuckerberg sebelumnya menyebutkan bahwa perusahaan sedang menjajaki rencana untuk memungkinkan pengguna membuat, memamerkan, dan menjual NFT di Facebook dan Instagram.

Pengguna harus menambahkan dompet kripto mereka seperti Metamask dan membuktikan kepemilikan NFT mereka sebelum menampilkannya di platform.

Facebook akan berintegrasi dengan jaringan blockchain Ethereum, Polygon, Solana, dan Flow untuk memfasilitasi ini. Peluncuran NFT di Facebook akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan pembuat konten terpilih di Amerika Serikat.

“Pada akhirnya, pembuat NFT akan dapat memposting silang antara Facebook dan Instagram, properti Meta lainnya. Instagram juga menguji NFT di platform augmented reality Spark AR,” kata juru bicara Meta kepada Techcrunch.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Sabtu, 02 Juli 2022 – 08:14 WIB oleh Wasis Wibowo dengan judul “Facebook Siap,(Sumber)