Waspada, Indonesia! China Kirim Tim Bertabur Bintang di Japan Open 2022

Asosiasi Bulutangkis China (CBA) telah merilis daftar atlet bertabur bintang yang siap tebar ancaman pada para rival, termasuk Indonesia, di Japan Open 2022.

Sebagaimana diketahui, pasca Taipei Open 2022, BWF World Tour akan kembali menggelar turnamen Super 750 bertajuk Japan Open 2022.

Turnamen bulutangkis Japan Open 2022 akan digelar di Osaka pada 30 Agustus-4 September 2022 mendatang, atau usai Kejuaraan Dunia 2022 pada 22-28 Agustus.

Tak main-main, pada gelaran Japan Open 2022 ini, penyelenggara menyediakan hadiah super fantastis mencapai 750 dolar AS (sekitar Rp11,2 miliar),

Meski turnamen ini bakal digelar bulan depan, namun kemeriahannya sudah terasa sejak saat ini. Untuk itulah China bahkan telah jauh-jauh hari merilis skuad resmi di ajang ini.

Paling menyita perhatian, Shi Yuqi tercatat dalam skuat China di tunggal putra. Selain kejuaraan Dunia 2022, Japan Open 2022 menjadi laga comeback bagi Shi Yuqi pasca sanksi internal yang diterimanya.

Ya, Shi Yuqi memang tercatat menjalani hukuman satu tahun dari pelatnas bulutangkis China usai kontroversi yang dilakukannya pada Sabtu (16/10/21) di semifinal Piala Thomas 2020.

Saat itu Shi Yuqi membuat keputusan kontroversial karena mundur di tengah pertandingan setelah lawannya, Kento Momota, meraih match point.

Baca Juga Miris! Ganda Putra China Terancam Tanpa Perwakilan di Kejuaraan Dunia 2022
Kehadiran Shi Yuqi bakal menambah daya gedor tunggal putra China yang didominasi para pemain mua seperti Zhao Junpeng, Lu Guangzu, Weng Hongyang, dan Sun Feixiang.

Tentu saja, para rival termasuk dari Indonesia sepert Anthony Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, hingga shesar Hiren harus mewaspadai comeback-nya Shi Yuqi di Japan Open 2022

Skuat China di Japan Open 2022
Rekam jejak Shi Yuqi sebagai tunggal putra China yang pernah menempati ranking dua dunia, akan sangat berbahaya bagi para rival menuju turnamen bulutangkis di paruh akhir 2022.

Selain sektor tunggal putra, skuat China juga akan bertabur bintang di empat sektor lainnya. Seperti tunggal putri yang masih mengandalkan lima pebulu tangkis mudanya di Japan Open 2022.

Mereka adalah peraih emas Olimpiade Tokyo 2020, Chen Yu Fei. Ada pula He Bingjiao, Wang Zhi Yi, Han Yue, dan Zhang Yi Man.

Sektor ganda putra pun menjadi ancaman baru bagi ganda putra Indonesia. Karena para generasi baru China sudah perlahan menunjukkan taringnya.

Mereka yang akan tampil di Japan Open 2022 adalah Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, Liang Weikeng/Wang Chang, Ren Xiangyu/Tan Qiang, dan He Ji Ting/Zhou Haodong.

Ganda putri China akan kembali mengandalkan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, Zhang Shu Xian/Zheng Yu, Du Yue/Li Wenmei, Liu Xuanxuan/Xia Yuting.

Serta ganda campuran yang akan diperkasai oleh penyabet enam gelar beruntun sepanjang 2022, yaitu Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Ada pula peraih emas Olimpiade Tokyo 2022, Wang Yilyu/Huang Dong Ping.

Dilansir dari laman Aiyuke, berikut adalah daftar lengkap pebulu tangkis China di ajang Japan Open 2022 pada Agustus mendatang.

Tunggal Putra: Shi Yuqi, Zhao Junpeng, Lu Guangzu, Weng Hongyang (R9), dan Sun Feixiang (R12)

Tunggal Putri: Chen Yu Fei,, He Bingjiao, Wang Zhi Yi, Han Yue, dan Zhang Yi Man.

Ganda Putra: Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, Liang Weikeng/Wang Chang, Ren Xiangyu/Tan Qiang (R3), dan He Ji Ting/Zhou Haodong (R8)

Ganda Putri: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, Zhang Shu Xian/Zheng Yu, Du Yue/Li Wenmei, Liu Xuanxuan/Xia Yuting.

Ganda Campuran: Zheng Siwei/Huang Yaqiong, Wang Yilyu/Huang Dong Ping, Guo Xinwa/Zhang Shu Xian, Feng Yanzhe/Lin Fangling (R5).

Mengingat kembali tiga edisi turnamen bulutangkis Japan Open yang jadi panggung Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sebagai rajanya ganda putra.

Digelar di  Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Japan Open 2017 adalah seri pertama yang sukses dimenangkan Kevin/Marcus dari tiga gelar yang mereka raih hingga 2019.

Kemudian, sebagai unggulan pertama, Kevin/Marcus tampil sedikit terseok-seok di final Japan Open 2-18, karena harus dua kali melawan pasangan China di semifinal dan final.

Terakhir di Japan Open 2019. Pada edisi inilah Kevin/Marcus berjuma rekan senegara asal Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Pada waktu itu, Minions menang dua set atas The Daddies dengan skor 21-18, 23-21, di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo.

(Sumber)