Duh! Ada Logo PDIP Di Soal Ujian Akhir Semester SD Di Bogor

Duh! Ada Logo PDIP Di Soal Ujian Akhir Semester SD Di Bogor Radar Aktual

Dunia pendidikan di Kabupaten Bogor dihebohkan adanya logo PDI Perjuangan (PDIP) dalam soal Ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) tingkat Sekolah Dasar (SD).

Temuan itu disampaikan Panitia Pengawas PAS SD Tingkat Desa, Enim Supriyadi. Pihaknya menemukan logo PDIP itu di soal ujian di SD Cibulakan, Desa Linggarmukti, Kecamatan Klapanunggal , Rabu (28/11/2018).

Logo tersebut ada dalam ujian esai PKN (Pendidikan Kewarganegaraan). Awalnya, di halaman pertama membahas logo Pancasila. Dimana salah satunya tergambar pohon beringin. Namun, pada soal nomor 27, terdapat pertanyaan ‘gambar di atas merupakan lambang partai…’ yang disertai logo PDIP.

“Kami sedang memeriksa kebetulan ada salah satu soal yang memperkenalkan salah satu partai,” katanya. Enim langsung melaporkan ke pengawas tingkat kecamatan.

Menurut penilaian panitia, soal tersebut kurang pantas menjadi konsumsi proses pembelajaran siswa tingkat SD. Terlebih menjelang tahun politik Pilpres dan Pileg 2019.

“Kami berharap agar kedepannya tidak ada lagi soal-soal berbau parpol ditingkat SD. Tingkat SD itu cocoknya sila-sila pancasila atau lambang negara, kalau soal partai tidak pantas,” ucapnya.

Menurut keterangan siswa di sekolah, sebagian besar dari mereka memilih absen untuk mengisi kolom soal tersebut. Mereka beralasan karena tidak diajarkan lambang partai politik oleh guru mereka di sekolah.

No Response

Leave a reply "Duh! Ada Logo PDIP Di Soal Ujian Akhir Semester SD Di Bogor"