4 Pelatih Bulutangkis Indonesia Yang Melatih di Amerika Serikat

4 pelatih bulu tangkis Indonesia yang melatih di Amerika Serikat, akan dibahas Okezone. Indonesia adalah salah satu negara bulu tangkis terkuat di dunia. Wajar jika banyak pebulu tangkis Indonesia yang menjadi pelatih di luar negeri.

Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang cukup banyak mengambil pebulu tangkis Indonesia untuk dipekerjakan sebagai pelatih. Saat ini, kurang-lebih terdapat empat nama mantan pebulu tangkis Indonesia yang memutuskan untuk berkarier di Negeri Paman Sam.

Berikut empat pelatih bulu tangkis Indonesia yang melatih di Amerika Serikat

4. Jenna Gozali

Jenna Gozali (Foto: Badminton.org)

Daftar ini akan dimulai dengan pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Jenna Gozali. Pada 2013, Jenna memutuskan untuk keluar dari pelatnas dan menjadi pelatih di tim junior PB Djarum.

Namun, Jenna sempat mengalami cedera selama dua tahun yang membuatnya memutuskan vakum dari dunia bulu tangkis. Setelahnya, Jenna mendapatkan kesempatan untuk menjadi pelatih di Amerika Serikat.

Akhirnya, Jenna pergi ke Amerika Serikat pada 2016 silam demi melatih klub yang bermarkas di San Francisco, Bay Badminton Center. Meski menjadi pelatih di Amerika Serikat, Jenna tidak meninggalkan kewarganegaraan Indonesia

3. Halim Haryanto

Halim Haryanto (Foto: Istimewa)

Halim Haryanto menjadi pebulu tangkis ganda putra lainnya yang memilih untuk melanjutkan karier di Amerika Serikat sebagai pelatih. Dia memutuskan untuk pindah dari Indonesia pada 2004 setelah tidak bisa bersaing di Olimpiade.

Halim memutuskan keluar dari dunia bulu tangkis Indonesia karena mendapat tawaran untuk melatih dan melanjutkan sekolah di Negeri Paman Sam. Saat ini, Halim memutuskan untuk bergabung dengan klub Amerika Serikat, East Bay Badminton.

Ketika masih berada di naungan pelatnas sebagai pemain, Halim memiliki prestasi yang sangat baik. Dia menjuarai All England 2001 bersama Tony Gunawan dan menjadi juara dunia 2004 dengan Sigit Budiarto.

2. Tony Gunawan

Tony Gunawan (Foto: Reuters)

1. Arya Maulana Aldiartama

Arya Maulana Aldiartama di sisi kanan (Foto: Okezone/Heru Haryono)

Arya Maulana Aldiartama adalan mantan pebulu tangkis pelatnas yang kini berkarier di Amerika Serikat sebagai pelatih salah satu klub di New Jersey. Dulunya, Arya merupakan partner dari pebulu tangkis ganda putra ranking satu dunia saat ini, Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Arya dan Kevin sempat menunjukkan kemampuannya di level junior setelah meraih medali perunggu di Asian Junior Championship 2013. Selain itu, mereka juga meraih medali emas pada ASEAN University Games 2014 silam.

Namun, pada 2017, Arya mengambil langkah besar di dunia bulu tangkis dengan menjadi pelatih di Amerika Serikat. Tak hanya berperan sebagai pelatih, Arya pun sesekali mengikuti beberapa turnamen lokal dan internasional di sana.(Sumber)