Manchester City Cuci Gudang! Jual 10 Pemain Musim Panas Ini dan Raup Total Rp.3,16 Triliun

Manchester City baru saja memecahkan rekor penjualan pemain di Liga Inggris. The Citizens meraup dana sebesar sebesar 174 juta pounds (Rp 3,16 triliun) usai menjual sederet pemainnya.

Selama bursa transfer musim panas 2022, Manchester City telah menjual 10 pemainnya ke klub lain. Kemungkinan jumlah ini akan bertambah jika masih ada pemain yang hengkang.

Menurut laporan The Sun, hasil penjualan pemain yang dilakukan Manchester City pada musim panas ini menjadi yang tertinggi di Liga Inggris. Mereka melampaui Chelsea yang meraih dana sebesar 166 juta pounds (Rp 3,02 triliun) pada tahun 2017 lalu.

“Manchester City memecahkan rekor penjualan di Inggris untuk satu tahun kalender, mereka mengalahkan jumlah yang mengalir ke kas Chelsea pada tahun 2017,” tulis laporan The Sun.

Manchester City masih berpotensi untuk menambah raihan uangnya pada musim panas ini. Sebab, pemain muda mereka, Samuel Edozie, berpeluang untuk dijual ke Bayer Leverkusen dengan harga 10 juta pounds (Rp 181 miliar).

Kendati mendapat untung dalam jumlah besar, Manchester City juga baru saja menghabiskan uang 96 juta pounds (Rp 1,74 triliun). Dana sebesar itu digunakan untuk memboyong Erling Haaland dan Kalvin Philips.

Selain itu, The Citizens juga mengeluarkan dana sebesar 14 juta pounds (Rp 254 miliar) untuk mendatangkan Julian Alvarez. Pemain asal Argentina itu direkrut Manchester City dari River Plate.

Sementara itu, manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengaku senang atas beberapa rekrutan baru timnya pada musim panas ini. Dirinya optimistis bisa meraih kesuksesan bersama pemain barunya di musim depan.

“Sejauh ini saya sangat senang, dan sangat senang [dengan rekrutan baru],” ucap Guardiola, dikutip dari The Sun.

“Biasanya kami adalah tim yang membeli pemain dan tidak menjual banyak pemain. Musim panas ini berbeda, karena berbagai alasan, kami menjual beberapa pemain,”

“Pemain baru telah datang, dan kami akan melanjutkan [kesuksesan] dengan mereka,” pungkasnya.

Lebih lanjut, manajer asal Spanyol itu tidak berencana untuk menjual pemain utamanya di sisa bursa transfer musim panas ini. Dirinya ingin mempertahankan pemain yang berhasil membantunya selama enam musim terakhir.

Berikut ini deretan pemain yang telah dijual Manchester City pada bursa transfer musim panas ini:

Raheem Sterling – 47,5 juta pounds (Rp 863 miliar),

Gabriel Jesus – 45 juta pounds (Rp 818 miliar),

Oleksandr Zinchenko – 32 juta pounds (Rp 582 miliar),

Gavin Bazunu – 15 juta pounds (Rp 272 miliar),

Romeo Lavia – 14 juta pounds (Rp 254 miliar),

Pedro Porro – 7 juta pounds (Rp 127 miliar),

Darko Gyabi – 5 juta pounds (Rp 90 miliar),

Ko Itakura – 5 juta pounds (Rp 90 miliar),

Aro Muric – 2,5 juta pounds (Rp 45 miliar).

CJ Egan Riley – 1 juta pounds (Rp 18 miliar).

Total, dana yang diraih Manchester City dari hasil penjualan pemain musim panas ini yakni 174 juta pounds (Rp 3,16 triliun).(Sumber)