News  

Bisa ditularkan Saat Hubungan Seksual, Ini Cara Deteksi Cacar Monyet Pada Pasanganmu

Cacar monyet bukanlah penyakit menular seksual. Walau begitu, wabah yang saat ini terjadi di luar negara endemik sebagian besar menyebar melalui hubungan seksual. Hal itu karena penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak dekat.

Penting untuk waspada dan harus bisa mengenali tanda-tandanya, termasuk pada pasangan seksual. Tujuannya untuk melindungi diri sendiri serta orang lain.

Mengenali gejala cacar monyet

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC mengumumkan gejala yang umum pada penderita cacar monyet, yakni:

Demam
Sakit kepala
Sakit otot dan sakit punggung
Pembengkakan kelenjar getah bening
Panas dingin
Kelelahan
Gejala pernapasan, seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat, atau batuk
Kebanyakan orang juga akan mengalami ruam yang bisa muncul sebelum, selama, atau setelah gejala mirip flu terjadi.

Dilansir Insider, ruam bisa berada di dekat alat kelamin, anus, tangan, kaki, dada, wajah, atau mulut. Ruam dapat terlihat seperti jerawat atau luka lecet, dan terasa sakit maupun gatal. Setelahnya, akan muncul bisul yang berisi nanah.

Virus monkeypox bisa menyebar sejak gejala dimulai dan dapat terus menyebar sampai semua keropeng mengelupas dengan sendirinya, lalu kulit baru terbentuk.

Bicara pada pasangan dan jangan langsung mendiagnosis cacar monyet sendiri

Bila tanda di atas dialami pasangan, jangan langsung mengatakan bahwa ia menderita cacar monyet. Sebab, gejala yang ada bisa saja disebabkan oleh penyakit lain.

 

Sebagai upaya antisipasi, lebih baik hindari berhubungan seks sampai mendapat diagnosis yang benar dari dokter.

“Pesan saya adalah kondisi kulit ini bukanlah hal yang harus Anda coba diagnosis atau atasi sendiri di rumah,” kata Dermatologi Kesehatan Global di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Esther Freeman.(Sumber)