Samai Rekor Podium Ferrari Musim 2022, Toto Wolff: Mercedes Tetap Rendah Hati

BOS Mercedes AMG Petronas, Toto Wolff, menyebut timnya tetap rendah hati meski enam kali beruntun meraih podium.

Hal itu tidak terlepas karena keberhasilan Mercedes menyamai rekor podium yang dimiliki Ferrari di Formula 1 (F1) musim 2022.

Musim 2022 adalah tahun yang berat bagi Mercedes AMG Petronas. Sampai saat ini Mercedes belum meraih kemenangan di F1 GP 2022.

Alih-alih meraih kemenangan, Lewis Hamilton dan George Russell lebih sering mengeluh karena mobil yang mereka kendarai selalu porpoising atau mobil memantul. Itulah yang membuat mereka kesulitan untuk naik podium pertama.

Porpoising adalah gerakan mobil yang terasa memantul karena kehilangan daya tekan ke bawah secara tiba-tiba.

Namun, Mercedes AMG Petronas telah bangkit kembali menjelang paruh musim berakhir. Mereka perlahan mengumpulkan momentum dengan meraih enam podium berturut-turut termasuk yang didapat di F1 GP Prancis dan GP Hungaria.

Di waktu bersamaan, Ferrari justru mengalami penurunan signifikan. Para pembalapnya memiliki masalah mesin dan strategi tim.

Hal ini membuat Mercedes menyamakan raihan podium Ferrari yakni 11 kali. Akan tetapi, Toto Wolff lebih menyukai banyak menang (podium 1) ketimbang hanya podium.

“Saya lebih suka memiliki lebih banyak kemenangan dan lebih sedikit podium,” ucap Toto Wolff dikutip laman gpfans, Rabu (10/8/2022).

“Kami tetap rendah hati, tetapi kami berjuang untuk memenangi balapan daripada finis di posisi kedua dan ketiga,” lanjutnya.

Meski telah menyamakan, jelas Mercedes masih di belakang Ferrari dan Red Bull. Di klasemen tim konstruktor, Mercedes di urutan ketiga terpaut 30 poin dari Ferrari dan 133 poin dari Red Bull.

Di klasemen pembalap, George Russell berada di urutan keempat di belakang Sergio Perez (Red Bull), Charles Leclerc (Ferrari) dan Max Verstappen (Red Bull). Lewis Hamilton berada di urutan keenam di belakang Carlos Sainz Jr.(Sumber)