News  

Perhatian Besar dan Ketertarikan Khusus Vladimir Putin Pada Sambo

Presiden Rusia, Vladimir Putin punya ketertarikan khusus kepada Sambo. Bahkan dirinya pernah berjuang untuk mengenalkan Sambo kepada dunia lebih dekat!

Sambo, bela diri khas Rusia ini dapat perhatian besar dari presidennya, Vladimir Putin. Sambo sudah makin besar namanya di MMA dan masuk kategori di Olimpiade.

Vladimir Putin diketahui gemar berolahraga. Tidak sulit menemukan foto-fotonya di internet, kala orang nomor satu Rusia itu sedang berkuda sampai menyelam.

Untuk urusan bela diri, Putin juga jago. Putin diketahui memegang sabuk hitam karate, bisa aikido, dan menguasai sambo. Tak ayal, Putin adalah eks pasukan intelijen Uni Soviet yang bernama KGB.

Dilansir dari berbagai sumber, Vladimir Putin turut memperhatikan soal Sambo. Suatu seni bela diri khas Rusia.

Sambo berasal dari kata SAMooborona Bez Oruzhiya yang berarti bela diri tanpa senjata. Pada hakikatnya, Sambo adalah tarung bebas dan dibumbui gulat.

Teknik pukulan dan tendangan sampai kuncian ada pada Sambo. Khusus soal kuncian, Sambo menyasar kaki lawan untuk dikunci dan sejurus kemudian dihabisi dalam pertarungan bawah.

Nah, Vladimir Putin pernah berjuang untuk mengenalkan Sambo kepada dunia. Sejak tahun 2013, Putin terang-terangan berujar keinginannya agar Sambo masuk dalam kategori ajang olahraga di Olimpiade!

“Mudah-mudahan suatu hari nanti Sambo akan masuk ke Olimpiade. Olahraga ini telah melintasi Rusia dan digemari banyak atlet di dunia,” jelasnya seperti dilansir dari sambo.sport.

“Ini adalah jenis olahraga yang benar-benar indah dan dinamis yang mengkooptasi banyak olahraga tempur,” lanjutnya.

Usut punya usut, ternyata Rusia sudah meminta pihak Olimpiade untuk memasukkan Sambo sejak tahun 2009! Kabarnya, Putin sudah tidak sabaran dan terus memepet pihak Olimpiade agar Sambo bisa masuk jadi nomor kompetisinya.

Pada prosesnya, pihak International Olympic Committee (IOC) alias panitia Olimpiade mengabulkan hal tersebut. Akhirnya di tahun 2018 (alias sembilan tahun lamanya Putin menunggu), Sambo masuk dalam kategori olahraga di Olimpiade!

Sambo pun sebenarnya sudah tenar namanya di dunia MMA. Para petarung Rusia memakainya di ajang tarung bebas, terutama Khabib Nurmagomedov.

Khabib memakai teknik Sambo di UFC. Kuncian kakinya yang disebut sebagai ‘cengkeraman buaya’, membuat lawan frustrasi.

Saat Khabib tumpaskan McGregor, lihatlah bagaimana kakinya hendak mengunci kaki McGregor dan membuat petarung Irlandia itu terkunci tak berdaya (Getty Images)
Khabib Nurmagomedov pun pernah bikin heboh dengan kaos bertuliskan ‘Jika Sambo gampang, maka itu disebut Jiujitsu’.

Sambo awalnya memang digunakan tentara Rusia di medan perang pada tahun 1920-an, terutama dalam pertarungan jarak dekat. Sambol bertujuan untuk menjatuhkan lawan lebih cepat dan efisien.

Kini, Sambo sudah jadi ajang olahraga. Walau pada hakikatnya, para tentara dan polisi Rusia masih menjadikannya sebagai jurus untuk lumpuhkan musuh!

(Sumber)