News  

Iwan Sumule: Jokowi Ingatkan Anies dan Ganjar, Elektabilitas Bukan Jaminan Diusung Parpol

Ada sejumlah makna yang ditangkap ketua majelis jaringan aktivis Pro Demokrasi (Prodem) Iwan Sumule atas pernyataan Presiden Joko Widodo ketika menghadiri acara relawan Bravo 5 di Ancol, Jakarta Pusat.

Jokowi yang hadiri acara rakernas Bravo 5 di Ancol itu mengingatkan agar para relawan tidak mengambil sikap terlalu cepat untuk mendukung tokoh maju sebagai calon presiden (capres).

Sebab, kata Jokowi, pencapresan berada di tangan partai politik. Meskipun, Jokowi mengingatkan sosok tersebut memiliki elektabilitas tinggi.

Apa yang disampaikan Jokowi kepada relawannya itu menurut Iwan ada pesan yang sangat jelas bagi Ganjar dan Anies Baswedan, untuk tidak besar kepala, meski elektabilitas tinggi namun belum tentu diusung oleh partai politik.

“Pertanda buat balon (bakal calon) capres yang tak punya partai dan berpartai. Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan agar tidak besar kepala seolah punya elektabilitas besar,” kata Iwan Sumule kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (26/8).

Namun disisi lain, Iwan juga menangkap pernyataan Jokowi itu juga menyiratkan keinginan untuk melanjutkan kepemimpinan tiga periode.

“Mungkin saja ini penanda, bahwa Jokowi ingin maju lagi,” pungkas Iwan.(Sumber)