News  

Cegah Penularan HIV/AIDS, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Usulkan Poligami

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengusulkan poligami untuk mencegah penularan HIV AIDS yang kini sedang menjadi perbincangan hangat. Poligami, kata dia, merupakan solusi bagi warga yang sudah menikah.

“Ya, daripada terkena penyakit itu, menurut saya solusi menekan angka penyebaran HIV/AIDS adalah menikah bagi anak-anak muda dan berpoligami bagi yang sudah nikah,” kata dia melalui keterangannya pada Selasa (30/8).

Uu mengakui pendapatnya mengenai poligami bakal menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Namun demikian, menurut dia, hal itu memang sudah menjadi panduan di dalam agama.

Di sisi lain, Uu menilai pemahaman masyarakat soal agama harus ditingkatkan untuk mencegah penularan. Bahkan, jika perlu, harus didirikan pesantren mahasiswa.

Diketahui, berdasar data yang diakumulasi sejak tahun 1991, tercatat 400 mahasiswa di Kota Bandung yang terinfeksi oleh HIV AIDS.

“Sekalipun masalah poligami banyak yang pro dan kontra, itu manusiawi dan merupakan fitrah tetapi agama sudah memberikan pilihan sebagai panduan dalam kehidupan di muka bumi ini,” ucap dia.

Sebelumnya, 5 ribuan kasus infeksi telah ditemukan dari data yang dihitung sejak tahun 1991, tercatat ada 400 orang atau sekitar yang berstatus sebagai mahasiswa. Sementara itu, angka infeksi HIV AIDS paling tinggi di Kota Bandung menyasar pada karyawan swasta.(Sumber)