10 Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Hasil Riset Golkarpedia, Mulai Dari Gubernur Riau Hingga Gubernur Bengkulu

Gubernur Riau, Syamsuar yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Riau kembali menjadi Ketua DPD 1 Partai Golkar terpopuler berdasarkan hasil riset Golkarpedia.com. Ini sudah yang keempat kalinya sejak bulan Mei 2022 menjadi Ketua DPD I Partai Golkar terpopuler. Hasil riset ini didasarkan pada banyaknya jumlah pemberitaan pada periode 1-31 Agustus 2022.

Pemberitaan dijadikan basis pengenalan tokoh DPD 1 Partai Golkar se-Indonesia sebagai indikator riset terpopuler Golkarpedia.com. Indikator terpopuler bisa ditelisik dari berbagai hal, salah satunya adalah jumlah tampil di hadapan publik atau jumlah pengikut media sosial. Kami memilih untuk melakukan riset dari banyaknya tampil di hadapan publik.

Intensitas tampil di hadapan publik pun masih dapat dibagi menjadi beberapa indikator lagi, tetapi yang paling intensif sebagai seorang tokoh tentu adalah pemberitaan. Dengan semakin banyak pemberitaan yang memberitakan dirinya, maka ada potensi sebaran keterkenalan atau popularitas yang terjungkit dari hal ini.

Untuk periode bulan Agustus 2022, Syamsuar menjadi Ketua DPD I Partai Golkar terpopuler dengan jumlah pemberitaan sebanyak, 2208 pemberitaan. Berita mengenai Syamsuar termasuk beragam, yang populer di antaranya adalah mengenai PJ Walikota Pekanbaru yang dianggap hanya mampu tebar pesona dan dikritik oleh DPRD Pekanbaru, lalu berita mengenai penyaluran BLT BBM dan antisipasi kenaikan harga BBM di Riau.

Usaha Gubernur Riau, Syamsuar untuk menekan inflasi di daerahnya dengan mengajak warga dan PNS di Riau menanam cabai. Kemudian berita mengenai restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove di Provinsi Riau dengan meluncurkan program Kedaireka Kolaborasi, Partisipasi dan Inovasi (Kedai Kopi) Riau. Selain memiliki kuantitas jumlah pemberitaan terbanyak, reach atau jangkauan pemberitaan Syamsuar pun yang terbesar, yakni mencapai 16.1 juta jangkauan.

Urutan kedua ada nama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Lampung. Nama Arinal Djunaidi masih menempati urutan kedua sebagai Ketua DPD 1 Partai Golkar terpopuler versi Golkarpedia.com seperti periode sebelumnya. Arinal Djunaidi memiliki 1112 pemberitaan untuk periode bulan Agustus 2022.

Pemberitaan mengenai Arinal Djunaidi di antaranya adalah sebagai berikut, sosialisasi Pemprov Lampung terkait pembangunan jalur sutet 275kv Gumawan-Lampung1. Kemudian berita mengenai acara pelantikan BAZNAS Provinsi Lampung periode 2022-2027. Arahan Gubernur Lampung mengenai pengendalian inflasi apalagi menjelang kenaikan harga BBM.

Meroket di urutan ketiga ada nama Sahbirin Noor, Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan yang juga menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Selatan. Namanya melejit dari bulan sebelumnya, yang menarik, pemberitaan untuk Sahbirin Noor meningkat dari satu bulan ke bulan berikutnya. Di bulan Agustus ini, Sahbirin Noor memiliki 737 pemberitaan dengan reach mencapai 2,7 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Sahbirin Noor diantaranya adalah Konser semarak kemerdekaan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor berduet dengan Rhoma Irama. Penyerahan Bansos perbaikan RTLH dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor kepada 256 warga. Lalu acara penyerahan kado Hari Perumahan Nasional Sahbirin Noor ungkap ada 28.459 Rumah Tidak Layak Huni Tertangani.

Posisi keempat ditempati oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara dan Ketua DPD I Partai Golkar Sumatera Utara, Musa Rajekshah. Pria yang akrab disapa Ijeck ini memiliki 737 pemberitaan untuk periode bulan Agustus 2022.

Tempat kelima ada nama Ace Hasan Syadzily, Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat yang menjabat sebagai Anggota DPR RI. Ace Hasan mempunyai 535 pemberitaan selama periode bulan Agustus 2022, dengan jangkauan mencapai 4,7 juta reach.

Tempat keenam adalah Taufan Pawe, Ketua DPD 1 Partai Golkar Sulsel dan Walikota Parepare. Taufan Pawe memiliki 530 pemberitaan dan Reach mencapai 3,1 juta jangkauan selama periode bulan Agustus 2022.

Ketujuh ada nama, Ahmed Zaki Iskandar, Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta, yang juga menjabat sebagai Bupati Tangerang. Ia memiliki 520 pemberitaan dan reach mencapai 5 juta jangkauan selama periode bulan Agustus 2022. Menyusul Ahmed Zaki Iskandar, ada nama Sarmuji, Ketua Golkar Jawa Timur yang juga duduk sebagai anggota DPR RI. Ia memiliki 288 pemberitaan selama periode bulan Agustus 2022 dengan reach mencapai 3,6 juta jangkauan.

Kesembilan ada nama Ratu Tatu Chasanah, Ketua DPD I Golkar Banten yang juga menjabat sebagai Bupati Serang, Banten. Ratu Tatu Chasanah memiliki pemberitaan sebanyak 251 berita pada bulan Agustus 2022 dengan reach mencapai 1,7 juta jangkauan.

Terakhir ada nama Rohidin Mersyah, Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu, dengan pemberitaan sebanyak 209 berita. Reach yang dicapai oleh Rohidin Mersyah adalah sebesar 1,2 juta jangkauan.

Urutan ini akan berubah seiring waktu dan seiring pemberitaan yang keluar dari para Ketua DPD I Partai Golkar se-Indonesia. Seperti bulan ini, ada pergerakan popularitas berdasar pemberitaan dari Sahbirin Noor yang masuk tiga besar, Ratu Tatu Chasanah dan Rohidin Mersyah yang menurun jumlah pemberitaannya serta kembali masuknya Sarmuji sebagai Ketua DPD I Partai Golkar yang popular. {golkarpedia}